Muncul video pemenggalan, ISIS bunuh semua sandera Jepang

Muncul video pemenggalan, ISIS bunuh semua sandera Jepang
ISIS tawan dua pria Jepang. ©AFP PHOTO
DUNIA | 1 Februari 2015 09:23 Reporter : Ardyan Mohamad

Merdeka.com - Sebuah rekaman menampilkan pemenggalan pria berparas oriental, beredar di Internet sejak kemarin (31/1). Video itu dilansir oleh situs Negara Islam Irak dan Syam (ISIS), sehingga disinyalir sosok tersebut adalah Kenji Goto, wartawan Jepang yang sejak dua pekan terakhir menjadi tawanan.

The Guardian melaporkan, Minggu (1/2), seperti video pemenggalan ISIS lainnya, eksekutor menggunakan penutup kepala. Sedangkan Goto hanya menunduk jelang detik-detik akhir hidupnya. Proses kejam tidak diperlihatkan detail, hanya kepala yang sudah terpisah diletakkan di belakang jasad korban.

Pemerintah Jepang belum berkomentar mengenai keaslian video tersebut serta penyebab gagalnya upaya penyelamatan Kenji Goto.

Adapun, Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga secara tidak langsung mengakui pihaknya gagal menyelamatkan Goto hingga akhirnya dipenggal.

"Saya tidak bisa menahan amarah terhadap tindakan biadab dari teroris seperti ini," seperti dikutip dari Reuters.

Keberadaan sandera warga negara Jepang di tangan ISIS baru diketahui akhir Januari lalu. Pembela khilafah radikal ini menuntut uang tebusan senilai Rp 2,5 triliun supaya Kenji Goto dan Haruna Yukawa selamat.

Goto berprofesi sebagai wartawan yang sengaja memantau kondisi kemanusiaan di Suriah. Sedangkan Yukawa adalah pengusaha yang belum jelas apa motivasinya datang ke wilayah konflik. Pekan lalu, dipastikan Yukawa telah dipenggal lebih dulu.

Setelah satu sandera Jepang tewas, ISIS ganti menutut pertukaran tahanan Al Qaidah. Selain Goto, yang dijanjikan akan bebas adalah pilot Yordania bernama Muath al-Kaseasbeh.

Baca juga:
Tukar guling tahanan ISIS-Yordania tinggal hitung waktu
Puluhan ekstrimis ISIS dan seorang warga sipil tewas di Suriah
Yordania ancam gantung tahanan ISIS jika pilot dibunuh
Nanti malam ISIS janji bunuh sandera Jepang dan pilot Yordania
Empat pemimpin dunia ini diincar ISIS

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini