Negara dengan Kasus Pemerkosaan Tertinggi di Dunia, India Tak Masuk 10 Besar

DUNIA | 11 Desember 2019 07:21 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Pekan lalu, masyarakat India dikagetkan dengan berita pemerkosaan massal dan pembunuhan dokter hewan berusia 27 tahun di Hyderabad. Kejadian mengerikan itu membuat warga India marah dan ramai-ramai turun ke jalan melakukan aksi unjuk rasa meminta proses peradilan pelaku dipercepat dan menuntut hukuman gantung. Kasus pemerkosaan massal di India juga pernah mengguncangkan dunia pada 2012, saat mahasiswa diperkosa di dalam bus dan akhirnya meninggal dunia.

Kendati kasus pemerkosaan cukup marak di India, namun negara Hindustan ini tak masuk 10 besar negara dengan kasus pemerkosaan tertinggi di dunia. Pemerkosaan ini adalah permasalahan dunia. Dipekirakan sekitar 35 persen di seluruh dunia pernah mengalami pelecehan seksual dalam hidupnya.

Dilansir dari laman World Population Review, Selasa (10/12), sebagian negara mayoritas yang memiliki data laporan kasus pemerkosaan, kurang dari 40 persen perempuan yang mengalami kekerasan seksual mencari bantuan. Kurang dari 10 persen melaporkan kasusnya ke pihak berwajib.

Karena banyak perempuan yang mengalami kekerasan seksual jarang melaporkan atau mengungkapkan insiden yang mereka alami, angka pasti kasus pemerkosaan sulit didata. Sementara sejumlah negara memiliki undang-undang yang menentang tindakan kekerasan seksual dan kekerasan, banyak dari mereka tidak memadai, tidak konsisten, dan tidak ditegakkan secara sistematis.

Tak hanya perempuan, pria di seluruh dunia juga mengalami pelecehan seksual, kekerasan seksual, dan pemerkosaan setiap hari.

Perempuan berusia 16-19 tahun empat kali lebih mungkin menjadi korban pemerkosaan atau kekerasan seksual dan mahasiswa berusia 18-24 tahun tiga kali lebih mungkin mengalami kekerasan seksual. Orang-orang transgender dan para penyandang cacat dua kali lebih mungkin menjadi korban kekerasan seksual atau pemerkosaan. Di Amerika Serikat, 70 persen pemerkosaan dilakukan oleh seseorang yang dikenal oleh korban.

Berdasarkan data World Population Review, inilah 10 besar negara dengan angka pemerkosaan tertinggi di dunia (jumlah kasus per 100.000 penduduk):

Afrika Selatan (132,4)

Botswana (92,9)

Lesotho (82,7)

Swaziland (77,5)

Bermuda (67,3)

Swedia(63,5)

Suriname (45,2)

Kosta Rika (36,7)

Nikaragua (31,6)

Grenada (30,6).

1 dari 2 halaman

Satu dari Empat Pria Pernah Melakukan Tindakan Pemerkosaan

Afrika Selatan memiliki angka kasus pemerkosaan tertinggi di dunia yaitu 132,4 insiden per 100.000 penduduk. Menurut survei yang diselenggarakan Dewan Penelitian Kedokteran Afrika Selatan, diperkirakan satu dari empat pria yang disurvei mengaku melakukan pemerkosaan.

Walaupun Parlemen Afrika Selatan memberlakukan Undang-Undang Amandemen Hukum Pidana (Pelanggaran Seksual dan Hal-hal Terkait) pada tahun 2007 yang berusaha untuk mengubah dan memperkuat semua undang-undang yang berhubungan dengan kekerasan seksual, tingkat laporan pemerkosaan, pelecehan seksual terhadap anak-anak dan kekerasan dalam rumah tangga terus meningkat. .

Amerika Serikat memiliki tingkat pemerkosaan 27,3. Seperti di banyak negara lain, pemerkosaan kerap tidak dilaporkan di AS karena dinilai dapat mempermalukan korban, takut akan pembalasan, takut diketahui keluarga, kasus-kasus yang tidak ditangani secara serius oleh penegak hukum, dan kemungkinan kurangnya penuntutan bagi pelaku. Hanya 9 persen pelaku pemerkosaan di AS yang dituntut dan hanya 3 persen yang dijebloskan ke penjara. Sementara 97 persen pelaku pemerkosaan di AS bebas.

Banyak negara dengan angka pemerkosaan yang tinggi perlu mengkaji lebih dari sekadar undang-undang untuk memperbaiki masalah ini. Negara-negara ini perlu melihat disfungsi budaya dan norma-norma sosial mereka secara mendalam dan sistematis mana yang belum bisa mencegah dan tidak mencegah kekerasan seksual.

2 dari 2 halaman

India Peringkat 94

Dalam daftar ini, India berada dalam peringkat 94 atau rata-rata 1,8 kasus dari 100 ribu penduduk dengan populasi 1,3 miliar lebih.

Namun pada 2017, India masuk daftar 10 besar negara dengan kejahatan pemerkosaan tertinggi di dunia. Dilansir dari laman Daily Hunt India, India berada pada peringkat lima.

Pemerkosaan dan kekerasan seksual menjadi masalah besar di India. Berdasarkan Biro Pendataan Kejahatan Nasional (NCRB), kejahatan terhadap perempuan meningkat 7,5 persen sejak 2010. Mayoritas korban pemerkosaan antara usia 18 sampai 30 tahun. Satu dari tiga korban berusia di bawah 18 tahun, dan satu dari 10 korban berusia di bawah 14 tahun. Di India, perempuan diperkosa hampir setiap 20 menit. Rata-rata 93 perempuan diperkosa di India setiap hari. (mdk/pan)

Baca juga:
Pemerkosaan Makin Marak di India,
Polisi Tembak Mati Empat Pelaku Pemerkosaan Dokter Hewan di India
Korban Pemerkosaan yang Dibakar di India Utara Meninggal
Perempuan di India Dibakar Saat akan Hadiri Sidang Kasus Pemerkosaannya
Lagi, Gadis India Diperkosa Massal Lalu Ditembak dan Dibakar Hingga Tewas
Mengapa Kasus Pemerkosaan di India Makin Mengerikan?

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.