Nigeria Konfirmasi Kasus Pertama Virus Corona

Nigeria Konfirmasi Kasus Pertama Virus Corona
DUNIA | 28 Februari 2020 13:58 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Penyebaran virus corona (Covid-19) telah sampai ke benua Afrika. Kementerian Kesehatan Nigeria menyampaikan pada Jumat (28/2), pihaknya mengonfirmasi satu kasus virus corona di negara bagian Lagos.

"Kasus yang dikonfirmasi pada 27 Februari 2020 adalah kasus pertama yang dilaporkan di Nigeria sejak awal wabah di China pada Januari 2020," kata kementerian tersebut di Twitter, seperti dikutip dari Reuters.

Menteri Kesehatan Nigeria, Osagie Ehanire menyampaikan, virus ini menginfeksi warga negara Italia yang bekerja di Nigeria. Pria yang terinfeksi ini disebutkan baru tiba dari Milan pada 25 Februari.

"Dia dikonfirmasi oleh Laboratorium Virologi Rumah Sakit Universitas Pendidikan Lagos, bagian dari Jaringan Laboratorium NCDC. Pasien ini secara klinis stabil, tanpa gejala serius, dan sedang ditangani di Rumah Sakit Penyakit Menular di Yaba, Lagos," jelas Ehanire, dikutip dari situs resmi Pusat Pengendalian Penyakit Nigeria (NCDC), www.ncdc.gov.ng, Jumat (28/2).

1 dari 1 halaman

Pemerintah Nigeria, melalui Kementerian Kesehatan Federal memperkuat penanganan untuk memastikan wabah ini dapat dikendalikan dan dihentikan dengan cepat. Kelompok Persiapan Virus Corona yang terdiri dari organisasi multi sektor yang dipimpin NCDC segera mengaktifkan Pusat Operasi Kedaruratan nasional dan mempererat kerjasama dengan otoritas kesehatan untuk menanggapi kasus ini dan melakukan sejumlah tindakan pengendalian.

"Saya ingin meyakinkan semua orang Nigeria bahwa kami telah meningkatkan kemampuan kesiapsiagaan kami sejak konfirmasi pertama kasus di China, dan kami akan menggunakan semua sumber daya yang disediakan oleh pemerintah untuk menanggapi kasus ini," jelas Ehanire.

Dia mengatakan, pihaknya mulai bekerja mengidentifikasi semua orang yang pernah bersinggungan dengan pasien ini sejak dia masuk ke Nigeria.

"Harap diingatkan bahwa sebagian besar orang yang terinfeksi mungkin hanya mengalami penyakit ringan dan sembuh dengan mudah, tetapi bisa lebih parah pada orang lain, terutama orang tua dan orang dengan penyakit kronis lain," jelasnya.

Ehanire juga berpesan kepada penduduk Nigeria untuk menjaga kesehatan. Dalam situs itu juga disampaikan petunjuk tindakan pencegahan yang bisa dilakukan warga.

"Semua warga Nigeria harus menjaga kesehatan mereka dan menjaga kebersihan tangan dan pernapasan untuk melindungi diri mereka sendiri dan orang lain, termasuk keluarga mereka sendiri," pesannya. (mdk/pan)

Baca juga:
Pemerintah Antisipasi Anjloknya IHSG Tertekan Virus Corona
Pesiar MSC Meraviglia Diterima Meksiko Usai Ditolak Dua Pelabuhan Karena Corona
MPR Minta Pemerintah Jawab Keraguan Virus Corona Belum Masuk Indonesia
Diisukan Di Karantina karena Virus Korona, Aktor Jackie Chan Buka Suara
Mengular Demi Masker Pencegah Corona di Seoul
TKI Ilegal di Taiwan Dilaporkan Positif Virus Corona
Tak Terinfeksi Virus Corona, 2 WNI ABK Diamond Princess Menolak Dievakuasi

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami