Pakar Kesehatan Sebut Memakai 'Buff' Lebih Berbahaya Daripada Tak Pakai Masker

Pakar Kesehatan Sebut Memakai 'Buff' Lebih Berbahaya Daripada Tak Pakai Masker
DUNIA | 13 Agustus 2020 06:06 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Karena jumlah kasus virus corona baru terus meningkat secara nasional, pesan berulang dari banyak pakar kesehatan masyarakat dan dokter cukup sederhana: Memakai masker menyelamatkan nyawa.

"Kami bukannya tidak berdaya melawan Covid-19," kata Robert R. Redfield, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Juli lalu. "Masker kain adalah salah satu senjata paling ampuh yang kami miliki untuk memperlambat dan menghentikan penyebaran virus - terutama bila digunakan secara universal dalam lingkungan komunitas."

Tetapi karena penutup wajah menjadi semakin umum dalam kehidupan warga Amerika, begitu pula pertanyaan tentang kemanjurannya - dan sekarang sekelompok peneliti dari Universitas Duke bertujuan untuk memberikan beberapa jawaban.

Dalam penelitian yang baru-baru ini diterbitkan, para peneliti mengungkap metode sederhana untuk mengevaluasi keefektifan berbagai jenis masker, menganalisis lebih dari belasan jenis masker mulai dari respirator N95 tingkat rumah sakit hingga bandana.

Dari 14 masker dan penutup wajah lainnya yang diuji, penelitian menemukan beberapa masker kain katun yang mudah diakses sama efektifnya dengan masker bedah standar, sementara alternatif populer seperti pelindung leher atau neck gaiter atau juga disebut buff yang terbuat dari bahan tipis dan elastis mungkin lebih berbahaya atau buruk daripada tidak memakai masker sama sekali.

"Anda benar-benar dapat melihat masker berfungsi," kata salah satu rekan penulis penelitan, Warren S. Warren, seorang profesor fisika, kimia, radiologi dan teknik biomedis di Universitas Duke, dikutip dari The Washington Post, Rabu (12/8).

"Ada banyak kontroversi dan orang-orang berkata, 'Yah, masker tidak berfungsi apa-apa.' Ya, jawabannya adalah beberapa tidak, tetapi sebagian besar ada fungsinya."

Baca Selanjutnya: Efektivitas Masker...

Halaman

(mdk/bal)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami