Pakistan Konfirmasi Dua Kasus Pertama Virus Corona

Pakistan Konfirmasi Dua Kasus Pertama Virus Corona
DUNIA | 27 Februari 2020 13:12 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Pada Rabu (26/2), Pakistan mengonfirmasi dua kasus pertama virus corona. Pada Kamis pagi, Asisten Khusus Menteri Kesehatan, Zafar Mirza menyerukan orang-orang yang baru-baru ini berkunjung ke negara terinfeksi virus menghubungi pusat bantuan.

"Jika Anda atau siapapun yang Anda tahu baru-baru kembali dari China, Iran, atau negara dimana ada #COVID?19 dan jika ada gejala seperti demam, batuk, sesak napas, tolong laporkan dengan menghubungi 1166," jelasnya, dikutip dari laman Dawn, Kamis (27/2).

Pada Rabu, Departemen Kesehatan Sindh mengumumkan seorang pemuda telah diperiksa dan positif terinfeksi virus corona di Karachi, kasus pertama yang dikonfirmasi di Pakistan.

Sesaat setelahnya, Mirza juga mengonfirmasi kasus di Karachi itu dan satu kasus baru, keduanya berasal dari Iran.

"Saya dapat mengonfirmasi dua kasus pertama virus corona di Pakistan. Kedua kasus ini sedang ditangani berdasarkan standar protokol medis dan kondisi keduanya stabil," jelasnya melalui Twitter.

"Tak perlu panik, segalanya terkontrol," imbuhnya.

1 dari 1 halaman

Dalam sebuah konferensi tengah malam di Quetta, Mirza menyampaikan salah satu kasus dilaporkan di Shind, sementara satu kasus lainnya dikonfirmasi di "wilayah federal". Dia menambahkan, dua orang yang terinfeksi telah berkunjung ke Iran selama dua pekan terakhir. Namun Mirza menolak mengomentari kasus ini lebih jauh.

Dia juga mengatakan 15 orang yang dicurigai terinfeksi sedang diperiksa, sementara hasil pemeriksaan 100 orang lainnya dinyatakan negatif. Daripada menciptakan kepanikan dan kekhawatiran, Mirza menganjurkan orang-orang waspada dan menunjukkan tanggung jawab. Mirza meminta orang-orang ke rumah sakit jika merasakan gejala dan menghubungi pusat bantuan pemerintah.

Dia mengatakan pemerintah melakukan sejumlah tindakan untuk menghentikan penyebaran virus.

"Kita berada di jalur yang benar. Dengan rahmat Allah, (virus) ini tidak akan menjadi wabah di Pakistan," ujarnya, seraya menambahkan disiapkan langkah-langkah untuk mencegah wabah. (mdk/pan)

Baca juga:
Iran Batasi Kunjungan ke Tempat Suci Kaum Syiah & Tiadakan Salat Jumat Karena Corona
Puluhan Warganya Dikarantina, Donald Trump Sebut Amerika Sangat Siap Hadapi Corona
Umroh Dihentikan Sementara, Antisipasi Merebaknya Virus Corona
Digempur Virus Corona, China Tetap Cetak Miliarder Baru 3 Kali Lebih Banyak dari AS
Saudi Hentikan Sementara Penerimaan Jemaah Umrah, Ini Kata Kemenag
Arab Saudi Hentikan Sementara Umroh, Bagaimana Nasib Jemaah Indonesia?
Antisipasi Corona, Arab Saudi Hentikan Sementara Penerimaan Jemaah Umrah

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami