Pameran foto gay bikin Vatikan meradang

Pameran foto gay bikin Vatikan meradang
Pasangan gay berciuman di gereja Katolik. huffingtonpost.com ©2013 Merdeka.com
DUNIA | 28 September 2013 08:02 Reporter : Ardini Maharani

Merdeka.com - Vatikan sangat marah dengan pengadaan eksibisi foto dari juru foto Goncalo Orquin. Puluhan foto itu memperlihatkan pasangan sesama jenis berciuman di depan altar bernuansa klasik di salah satu gereja di Ibu Kota Roma.

Surat kabar the Huffington Post melaporkan, Jumat (27/9), Orquin harus menerima kecaman Vatikan. Takhta Suci bahkan mengancam hendak menyeret dan menempuh langkah hukum.

Juru bicara Vatikan di Italia Claudio Tanturri mengatakan foto itu melanggar konstitusi Italia. "Hukum di negara ini melindungi rasa iman seseorang dan fungsi tempat ibadah," ujarnya. Menurut Tanturri foto tidak sesuai dengan spiritualitas dan menyinggung perasaan umat Katolik.

Orquin akhirnya menarik foto-fotonya demi alasan keamanan. Namun dia tetap berharap bisa menampilkan karya-karyanya itu.

Sementara ketua lembaga hak-hak gay ArciGAY Flavio ROmani menyebut reaksi Vatikan berlebihan. "Dalam gambar itu saya malah melihat gereja menjadi saksi pertukaran cinta dan kerukunan. Sebab itu reaksi Vatikan sangat aneh,"

(mdk/din)

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami