Para Ahli Sebut Vaksin Covid-19 Bisa Menjangkau Seluruh Masyarakat Dunia Akhir 2023

Para Ahli Sebut Vaksin Covid-19 Bisa Menjangkau Seluruh Masyarakat Dunia Akhir 2023
DUNIA | 25 Oktober 2020 18:46 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Analisis pengembangan dan peningkatan produksi vaksin Covid-19 yang ada menunjukkan, dosis vaksin bisa menjangkau seluruh masyarakat global kemungkinan sampai September 2023, menurut temuan Pusat Perkembangan Global (CDG).

CDG merilis laporan awal bulan ini yang menggunakan proyeksi model untuk menganalisis kemungkinan keberhasilan pengembangan dan produksi vaksin.

Menurut para ahli, kemungkinan regulator menyetujui setidaknya satu vaksin pada akhir tahun saat ini kurang dari 2 persen. Kemungkinan adanya vaksin meningkat menjadi 50 persen pada akhir April 2021 dan 85 persen pada akhir 2022, dan 98 persen pada akhir 2022.

“Berdasarkan portofolio Operation Warp Speed dan CEPI per September 2020, model tersebut memprediksi 78 persen kemungkinan bahwa setidaknya satu dari vaksin yang didanai Operation Warp Speed akan berhasil dan 67 persen kemungkinan bahwa setidaknya satu dari vaksin yang didanai CEPI akan berhasil," jelas laporan CDG, dikutip dari Alarabiya, Minggu (25/10).

“Model tersebut memprediksi kemungkinan kurang dari 1 persen bahwa tidak ada vaksin yang disetujui dari portofolio global saat ini, berdasarkan masukan yang kami peroleh dari wawancara ahli. Namun, jika kita menggunakan masukan yang lebih pesimistis dari para ahli, ini meningkat menjadi hampir 20 persen," tambah laporan yang ditulis oleh beberapa ahli itu.

Laporan tersebut mengatakan bahwa para ahli tidak berharap bahwa vaksin generasi pertama akan mengurangi risiko infeksi individu yang cukup untuk menimbulkan kekebalan kawanan dan mengakhiri pandemi.

“Langkah-langkah kesehatan masyarakat lainnya harus dilanjutkan. Pakar kami percaya bahwa vaksin berikutnya mungkin akan lebih manjur daripada yang sebelumnya," tulis para ahli.

Baca Selanjutnya: Baru-baru ini Johnson & Johnson...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami