Para Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat atas Kemenangan Jokowi

DUNIA | 21 Mei 2019 19:02 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan hasil akhir rekapitulasi suara Pemilu 2019. Hasilnya paslon nomor urut 01 Jokowi- Ma'ruf Amin sebagai pemenang Pilpres 2019. Jokowi berhasil memperoleh 85.607.362 suara atau 55,50 persen. Sementara pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno mendapatkan 68.650.239 suara atau 44,50 persen.

Pasca pengumuman dari KPU, ucapan selamat mengalir pada Jokowi, termasuk dari pemimpin negara-negara sahabat. Berikut ini pimpinan negara yang mengucapkan selamat pada Jokowi:

1. PM India Ucapkan Selamat ke Jokowi

Perdana Menteri India Narendra Modi mengucapkan selamat atas kemenangan pasangan capres Joko Widodo- Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019. Dalam sebuah unggahan di Twitter, PM Modi mengatakan, "Selamat kepada @ jokowi atas kembali terpilihnya Anda! Sebagai dua negara demokrasi terbesar dunia, kita merasa bangga atas kesuksesan perayaan demokrasi. Kami mengharapkan Anda dan warga Indonesia meraih kesuksesan di bawah kepemimpinan Anda yang dinamis." tulis Modi.

"Saat bangsa kita merayakan tujuh dekade hubungan diplomatik, saya ingin bekerjasama erat dengan Anda untuk memperdalam hubungan bilateral Kemitraan Strategis Komprehensif," lanjut Modi.

2. PM Australia Scott Morrison

Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengucapkan selamat atas terpilihnya Joko Widodo dalam pemilihan presiden 2019. Ucapan tersebut ditulis melalui akun Twitter pribadinya.

"Selamat @jokowi atas terpilihnya kembali sebagai Presiden Indonesia," kata Morrison pada Selasa (21/5/2019), seraya menyebut akun Twitter Jokowi.

"Indonesia adalah salah satu (mitra) hubungan strategis paling penting Australia. Kami berharap dapat memperdalam ikatan antara Australia dan Indonesia di semua kepentingan bersama," lanjutnya.

3. PM Malaysia Mahathir

Kepala negara yang juga mengucapkan selamat atas kemenangan Jokowi di Pilpres 2019 yakini Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. Mahathir mengucapkan selamat ke Jokowi lewat akun twitter resminya @chedeofficial.

"Saya ucap tahniah kepada Bapak @jokowi atas kemenangan secara rasmi sebagai Presiden Republik Indonesia. Saya berharap kerja sama antara dua negara akan semakin erat selepas ini," tulis Mahathir.

4. PM Singapura Lee Hsien Loong

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengucapkan selamat kepada Presiden RI Joko Widodo atas terpilihnya kembali untuk masa jabatan kedua 2019-2024.

"Selamat dari saya atas terpilihnya kembali Anda sebagai Presiden Republik Indonesia! Mandat kuat yang Anda terima mencerminkan kepercayaan yang telah ditunjukkan oleh orang Indonesia dalam kepemimpinan berkelanjutan Anda, dan visi Anda untuk mengangkat kehidupan semua orang Indonesia." kata PM Singapura.

PM Singapura Lee Hsien Loong mengharapkan terpilihnya kembali Jokowi mampu mempererat hubungan Indonesia dengan Singapura.

"Selama masa jabatan pertama Anda, hubungan Singapura-Indonesia dibuat kemajuan yang signifikan. Kami bersama-sama meluncurkan Taman Industri Kendal pada tahun 2016, dan memperingati 50 tahun hubungan bilateral ("RISING 50") pada 2017."

Baca juga:
Presiden dan PM Singapura Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Jokowi di Pilpres 2019
Sikapi Hasil KPU, Ketua TKN Imbau Pendukung Jokowi-Ma'ruf Tetap Tenang
PPP: Demokrat dan PAN Belum Jelas, Jangan-jangan Kita yang Kegeeran
Bertemu Jokowi, Cak Imin Tawarkan 20 Nama Kader PKB jadi Menteri
PM Shinzo Abe Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Jokowi dalam Pilpres 2019

(mdk/has)