Pasukan Suriah Bebaskan Kota Aleppo Setelah 8 Tahun Dikuasai Pemberontak

Pasukan Suriah Bebaskan Kota Aleppo Setelah 8 Tahun Dikuasai Pemberontak
DUNIA | 17 Februari 2020 18:58 Reporter : Pandasurya Wijaya

Merdeka.com - Pasukan Suriah secara resmi menguasai kantong terakhir pemberontak militan di Kota Aleppo dan sekitarnya setelah berperang selama hampir delapan tahun.

Menurut sumber di lapangan di Aleppo, kemenangan pasukan Suriah kemarin dicapai setelah mereka menguasai wilayah Layramoun dan Kafr Hamra yang selama delapan tahun terakhir dikuasai pemberontak jihadis.

Dilansir dari laman Al Masdar, Minggu (17/2), selain menguasai Kafr Hamra dan Layramoun, pasukan Suriah juga mengambil alih Al Zahra, yang menjadi medan pertempuran utama di Aleppo.

Di saat yang sama pasukan Suriah juga menguasai kota terakhir Anadan, termasuk Hraytan, Babis dan 'Anadan.

1 dari 1 halaman

Pusat Komando Militer Suriah hari ini mengumumkan puluhan kota dan desa di sebelah barat Aleppo serta sebelah barat daya sudah dibebaskan dalam waktu singkat.

Dalam pernyataan yang dirilis kantor berita SANA, Pusat Komando mengatakan pembebasan kota-kota itu terjadi setelah serangkaian operasi militer terhadap posisi kelompok teroris.

"Para pahlawan kami berhasil menuntaskan tugas dengan sangat efisien dan dalam waktu singkat menguasai penuh puluhan kota dan desa di sebelah barat Aleppo dan di wilayah sebelah barat daya," kata juru bicara Pusat Komando Angkatan Bersenjata Suriah dalam pernyataan, seperti dilansir laman SANA, Senin (17/2).

"Terorisme tidak akan bertahan di wilayah Suriah meskipun mereka mendapat sokongan dan sponsor. Pasukan Suriah akan terus bersiaga dan melindungi tanah air dan rakyat," kata pernyataan militer Suriah.

(mdk/pan)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami