Paus Fransiskus berencana kunjungi Turki pada akhir November

DUNIA | 13 September 2014 13:02 Reporter : Vincent Asido Panggabean

Merdeka.com - Paus Fransiskus akan mengunjungi Kota Istanbul, Turki, pada akhir November mendatang. Ini menjadi perjalanan pertama pemimpin umat Katolik sejagat itu ke negara mayoritas muslim, kata Vatikan kemarin.

Juru bicara Vatikan Pastor Federico Lombardi mengatakan untuk penetapan tanggal dan program dalam perjalanan itu, yang akan berlangsung beberapa hari, masih belum dipastikan, seperti dilansir situs Asia One, Jumat (12/9).

Paus asal Argentina itu diharapkan berada di Istanbul pada 30 November mendatang, saat peringatan hari Santo Andreas, atas undangan dari Patriark Ekumenis Bartholomew I, pemimpin spiritual Ortodoks Kristen dunia.

Vatikan menegaskan perjalanan itu setelah Paus Fransiskus menerima undangan terpisah dari pemerintah Turki.

Mantan Paus Benediktus XVI melakukan perjalanan ke Istanbul pada tahun 2006 dan berdoa dengan seorang ulama muslim di Masjid Biru.

Paus Fransiskus, paus non-Eropa pertama dalam 1.300 tahun, telah melakukan tiga perjalanan ke luar negeri sejak dia terpilih pada Maret 2013.

Dia dijadwalkan untuk mengunjungi Albania pekan depan dan pada 25 November mendatang dia akan berpidato di Parlemen Eropa di Strasbourg, Prancis.

(mdk/fas)

TOPIK TERKAIT