PBB sebut serangan udara Saudi ke Yaman kejahatan perang

DUNIA | 30 Januari 2017 16:12 Reporter : Pandasurya Wijaya

Merdeka.com - Tim ahli dari anggota panel Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan sepuluh serangan udara Arab Saudi ke Yaman yang menyebabkan 292 warga sipil tewas adalah kejahatan perang.

Tim ahli menyatakan dari sepuluh serangan udara itu tidak satu pun ditemukan mengenai target militer atau dengan kata lain serangan udara itu sengaja diarahkan kepada warga sipil.

"Dari sepuluh penyelidikan, tim panel menyatakan delapan di antaranya tidak terbukti serangan udara itu menargetkan sasaran militer yang diakui," kata laporan setebal 63 halaman yang disampaikan di depan Dewan Keamanan PBB, Jumat lalu. Laporan itu diperoleh kantor berita Reuters.

"Dari seluruh sepuluh penyelidikan, tim panel mempertimbangkan, hampir pasti pasukan koalisi (pimpinan Arab Saudi) tidak memenuhi syarat hukum internasional untuk melancarkan serangan."

"Tim panel menilai sejumlah serangan tersebut bisa dikatakan kejahatan perang," demikian bunyi kesimpulan laporan PBB itu, seperti dilansir Russia Today, Senin (30/1).

Arab Saudi melancarkan serangan udara yang dimaksud antara Maret dan Oktober tahun lalu yang menewaskan lebih dari seratus perempuan dan anak-anak.

Awal bulan ini, koordinator hak asasi PBB untuk Yaman, Jamie McGoldrick memperkirakan ada lebih dari 10 ribu orang tewas dalam konflik sejauh ini. Kebanyakan korban tewas akibat serangan udara.

Duta besar Arab Saudi untuk PBB, Abdallah Al-Mouallimi jelas menolak bertanggung jawab atas tudingan itu. (mdk/pan)

Aksi rekrutan anyar pemberontak Houthi pamer kekuatan

Arab Saudi pakai bom klaster buat bombardir Yaman, Inggris digugat

Meratapi kehidupan warga Yaman terlantar akibat konflik

'Saudi ingin bangun Kerajaan Wahabi di Yaman'

Potret prihatin bocah Yaman kekurangan gizi gara-gara konflik

Potret ironis anak-anak korban busung lapar akibat perang Yaman

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.