PBB Temukan Bukti Kuat Ada Kaitan Pangeran MBS dengan Pembunuhan Khashoggi

PBB Temukan Bukti Kuat Ada Kaitan Pangeran MBS dengan Pembunuhan Khashoggi
DUNIA | 20 Juni 2019 19:43 Reporter : Pandasurya Wijaya

Merdeka.com - Ahli hak asasi manusia dari Perserikatan Bangsa-Bangsa menemukan 'bukti kuat' yang mengaitkan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Muhammad bin Salman dalam pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Agnes Callamard, pelapor khusus PBB, kemarin mendesak lembaga internasional itu untuk memulai penyelidikan kriminal internasional terhadap kasus pembunuhan Khashoggi.

Laman Al Araby melaporkan, Kamis (20/6), Callamard mengajukan laporan sepanjang 101 halaman yang di dalamnya dibeberkan 'bukti kuat' untuk mendesak penyelidikan lebih lanjut terjadap para petinggi Saudi, termasuk Pangeran MBS.

Callamard juga memberi catatan soal betapa sensitifnya kasus ini karena Putra Mahkota Saudi bisa jadi bertanggung jawab dan juga penasihat seniornya, Saud al-Qahtani yang hingga kini belum didakwa.

"Tidak ada kesimpulan dari laporan ini. Satu-satunya kesimpulan adalah ada bukti kuat yang bisa membuka penyelidikan lebih lanjut," kata laporan Callamard, merujuk pada MBS dan al-Qahtani.

"Khashoggi sendiri sudah paham dengan kekuasaan yang dimiliki Putra Mahkota dan dia takut dengan MBS," kata laporan itu.

Callamard kemudian mendesak Sekjen PBB Antonio Guterres untuk memulai penyelidikan lanjutan atas pembunuhan ini guna membangun argumen yang kuat buat menjerat para tersangka pelaku."

Khashoggi, kolumnis harian the Washington Post yang dikenal sering mengkritik MBS, dibunuh di konsulat Saudi di Istanbul Turki pada 2 Oktober tahun lalu.

CIA melaporkan, pembunuhan itu kemungkinan diperintahkan oleh Pangeran MBS.

Riyadh awalnya membantah Khashoggi telah dibunuh, tapi karena tekanan internasional akhirnya pemerintah Saudi mengakui Khashoggi tewas dibunuh.

Dalam laporan Callamard juga ditemukan bukti 'Arab Saudi sengaja memanfaatkan kekebalan hukum konsuler untuk membuat penyelidikan Turki tertunda sampai lokasi pembunuhan dibersihkan dari jejak pembunuhan.' (mdk/pan)

Baca juga:
Usai Dibius, Jamal Khashoggi Dibekap Plastik Hingga Tewas Lemas
Begini Suasana Mencekam Sebelum Jamal Khashoggi Dieksekusi Penjagal
Penyidik PBB Ungkap Jamal Khashoggi Dibius, Lalu Dibekap Pakai Plastik
Tunangan Datangi DPR AS, Tuntut Penyelidikan Kematian Jamal Khashoggi
Terduga Kasus Pembunuhan Jamal Khashoggi Bunuh Diri di Penjara Turki

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami