Pemerintah Joe Biden akan Kaji Ulang Kesepakatan Damai AS dan Taliban

Pemerintah Joe Biden akan Kaji Ulang Kesepakatan Damai AS dan Taliban
Delegasi Taliban dalam acara perundingan damai Taliban dengan pemerintah Afghanistan di Doha, Qatar.. ©Reuters
DUNIA | 24 Januari 2021 16:54 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Amerika Serikat akan mengkaji ulang kesepakatan damai dengan Taliban yang ditandatangani tahun lalu. Hal ini diumumkan Gedung Putih.

Penasihat keamanan Presiden Joe Biden yang baru ditunjuk, Jake Sullivan, berbicara dengan timpalannya dari Afghanistan, Hamdullah Mohib dan menerangkan keinginan AS untuk mengkaji ulang perjanjian itu, menurut juru bicara Dewan Keamanan Nasional, Emily Horne pada Jumat malam.

Horne dalam pernyataannya menyampaikan, secara khusus, Washington ingin memastikan Taliban konsisten dengan komitmennya untuk memutuskan hubungan dengan kelompok teroris, mengurangi kekerasan di Afghanistan, dan terlibat dalam negosiasi penuh arti dengan pemerintah Afghanistan dan pemangku kepentingan lainnya.

Sullivan, jelasnya, menggarisbawahi bahwa AS akan mendukung proses perdamaian dengan segala upaya dan upaya diplomatik regional, yang bertujuan untuk membantu kedua belah pihak mencapai kesepakatan penyelesaian politik yang bertahan lama dan adil serta gencatan senjata permanen.

“Kedua pihak sepakat bekerja sama menuju gencatan senjata permanen dan perdamaian yang adil dan bertahan lama,” ujar Mohib di Twitter, dikutip dari Al Jazeera, Minggu (24/1).

Washinton dan Taliban mencapai kesepakatan tahun lalu di Qatar untuk memulai penarikan pasukan Amerika dengan imbalan jaminan keamanan dari kelompok bersenjata dan komitmen untuk memulai pembicaraan damai dengan pemerintah Afghanistan.

Kendati kesepakatan telah tercapai, kekerasan di Afghanistan meningkat sejak September lalu.

Sullivan juga membahas dukungan AS untuk melindungi hak-hak perempuan dan kelompok minoritas sebagai bagian dari proses perdamaian.

Baca Selanjutnya: Taliban mengatakan mereka tetap konsisten...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami