Pemimpin Dunia Sampaikan Belasungkawa & Dukungan Pada Lebanon Setelah Ledakan Dahsyat

Pemimpin Dunia Sampaikan Belasungkawa & Dukungan Pada Lebanon Setelah Ledakan Dahsyat
DUNIA | 5 Agustus 2020 08:25 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Baik sekutu dekat maupun lawan Lebanon menyampaikan penghormatan kepada para korban ledakan dahsyat dan mematikan di Beirut, termasuk ungkapan belasungkawa dan tawaran bantuan.

Perdana Menteri Lebanon, Hassan Diab pada Selasa meminta bantuan kepada negara-negara sahabat untuk penanganan bencana tersebut, di tengah perjuangan negaranya mengatasi krisis ekonomi dan pandemi virus corona.

Negara-negara Teluk merupakan negara-negara yang pertama kali bereaksi atas bencana tersebut. Qatar berjanji akan mengirim bantuan untuk pembangunan rumah sakit darurat untuk menangani para korban.

Pemimpin Qatar, Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani berharap para korban luka segera pulih. Sementara Wakil Presiden Uni Emirat Arab dan pemimpin Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al-Maktoum, menyampaikan di Twitter, "Turut berduka cita kepada orang-orang tercinta kami di Lebanon," seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu (5/8).

Kuwait mengatakan, pihaknya akan mengirim bantuan medis darurat. Mesir juga menyampaikan perhatian mendalam terhadap kerusakan akibat ledakan. Sementara Ketua Liga Arab, Ahmed Aboulgheit menyampaikan belasungkawa, menekankan "pentingnya menemukan kebenaran terkait ledakan."

Menteri Luar Negeri Yordania, Ayman Safadi menyampaikan Amman siap menyediakan bantuan yang dibutuhkan Lebanon, sementara Iran mengatakan pihaknya sangat siap memberikan bantuan yang diperlukan.

"Pikiran dan doa kami bersama orang-orang hebat dan kuat dari Lebanon," kicau Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif.

"Tetap kuat, Lebanon," sambungnya.

Baca Selanjutnya: Negara tetangga Israel juga menawarkan...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami