Pencarian bawah laut pesawat MH370 dihentikan

Pencarian bawah laut pesawat MH370 dihentikan
DUNIA | 17 Januari 2017 14:53 Reporter : Yulistyo Pratomo

Merdeka.com - Proses pencarian pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH370 segera berakhir. Keputusan penghentian ini diterbitkan oleh pemerintah Australia, dan telah diberitahukan kepada seluruh keluarga korban.

Dilansir the Guardian, Selasa (17/1), penghentian ini telah diputuskan oleh tiga negara yang terlibat dalam proses pencarian, antara lain Australia, China dan Malaysia. Australia juga telah menarik kapal yang bisa mendeteksi benda-benda di bawah laut.

Sebelum dinyatakan berakhir, kapal tersebut telah berlayar sejauh 120 ribu km persegi di selatan Samudera Hindia tanpa hasil apapun. Pencarian itu sendiri telah berlangsung selama dua tahun.

"Hari ini kapal pencari telah meninggalkan lokasi pencarian bawah laut. Pesawat Malaysia Airlines MH370 tidak bisa ditemukan dalam 120 ribu kilometer persegi di area pencarian bawah laut di selatan Samudera Hindia," demikian keterangan resmi dari Kementerian Transportasi Australia.

"Keputusan untuk menghentikan pencarian di bawah laut tidak diambil dengan mudah atau rasa sedih."

Penerbangan MH370 hilang pada 8 Maret 2014, menghilang dari radar tidak lama setelah lepas landas dari Kuala Lumpur dalam perjalanan ke Beijing. Pesawat itu diyakini jauh di Samudera Hindia, bersama 239 kru dan penumpang di dalamnya. (mdk/tyo)

Baca juga:

Cari sendiri puing MH370, keluarga korban datangi Madagaskar

Sederet kecelakaan pesawat paling diingat sepanjang masa

Pencarian pesawat MH370 dihentikan sementara

Selama dua tahun tim pencari MH370 mencari di lokasi yang salah

Ini puing diduga serpihan MH370 yang ditemukan di Tanzania

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Curhat Siswa Lulusan Tanpa Ujian Nasional

5