Hot Issue

Penelitian Buktikan Efektivitas Remdesivir Sebagai Obat Covid-19

Penelitian Buktikan Efektivitas Remdesivir Sebagai Obat Covid-19
DUNIA | 14 Oktober 2020 07:22 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Dalam sebuah laporan yang dipublikasikan pada 8 Oktober di New England Journal of Medicine, para peneliti mengonfirmasi manfaat remdesivir untuk mengobati orang yang dirawat di rumah sakit karena Covid-19.

Remdesivir, obat anti virus, mendapat persetujuan atau pengesahan penggunaan darurat (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) untuk mengobati pasien Covid-19.

Pengesahan itu berarti para dokter dapat meresepkan obat intravena (IV) untuk orang yang terinfeksi SARS-CoV-2 dan telah dirawat di rumah sakit. Meskipun obat tersebut pada awalnya hanya diizinkan untuk mereka yang membutuhkan oksigen tambahan atau ventilator untuk bernafas, EUA yang diperluas dari FDA pada akhir Agustus mencerminkan kepercayaan yang berkembang di antara para dokter bahwa merawat orang yang tidak sakit mungkin memberikan manfaat yang lebih besar — jadi sekarang termasuk orang-orang dengan bukti infeksi pernapasan tetapi belum membutuhkan oksigen tambahan atau bantuan dari ventilator.

Remdesivir bekerja dengan menghalangi kemampuan virus untuk berkembang biak, dan dalam uji coba membantu pasien Covid-19 tahap awal serta mereka yang memiliki gejala lebih lanjut.

Baca Selanjutnya: Pulang lima hari lebih cepat...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami