Penjelasan Ringkas Sengketa Berpuluh Tahun China-India di Perbatasan Himalaya

Penjelasan Ringkas Sengketa Berpuluh Tahun China-India di Perbatasan Himalaya
DUNIA | 17 Juni 2020 08:04 Reporter : Pandasurya Wijaya

Merdeka.com - Satu pejabat militer India dan dua tentara mereka tewas dibunuh tentara China dalam insiden kontak senjata Senin malam kemarin di Lembah Galwan di Ladakh, daerah sengketa di Kashmir.

China menuding tentara India melanggar batas wilayah sebanyak dua kali dan menyebutnya "memprovokasi dan menyerang tentara China". Insiden ini berujung pada kontak senjata.

Kedua pihak berkeras mereka tidak melepaskan tembakan. Ada sejumlah laporan menyebut jatuh korban dari pihak China tapi tidak ada konfirmasi resmi.

Memanasnya situasi di perbatasan ini dipicu ketegangan dalam beberapa bulan terakhir lantaran India membangun jalan baru di Ladakh, di sepanjang Garis Kontrol Aktual yang memisahkan kedua negara.

Hal itu membuat Negeri Tirai Bambu berang dan kemudian mengerahkan tentaranya serta membangun infrastruktur sendiri di wilayah sengketa. Peristiwa ini membuat tentara di kedua pihak cukup berdekatan dan situasi berisiko kian memanas.

Dilansir dari laman the New York Times, Selasa (16/6), konflik ini adalah lanjutan dari sengketa berpuluh tahun antara dua negara berkekuatan nuklir soal batas wilayah di perbatasan Himalaya.

Baca Selanjutnya: Apa yang dimaksud 'Garis Kontrol...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami