Perayaan Kemerdekaan Malaysia Diawali Alfatihah dan Hening Cipta untuk BJ Habibie

DUNIA | 12 September 2019 19:08 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kedutaan Malaysia di Jakarta hari ini menggelar perayaan kemerdekaan Malaysia ke-62. Kabar duka mewarnai peringatan itu karena terjadi bersamaan dengan momen meninggalnya Presiden ke-3 Indonesia BJ Habibie.

Dalam perayaan itu protokol acara memulai perhelatan dengan lantunan surat Alfatihah dan hening cipta untuk mendiang BJ Habibie.

"Sebelum memulai acara, marilah kita semua sama-sama sedekahkan surat Alfatihah untuk mendiang almarhum Pak BJ Habibie yang baru saja meninggalkan kita. Marilah kita mendoakan ketenangan bagi beliau," tutur Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Zainal Abidin Bakar, dalam pidato pembuka acara Hari Kemerdekaan Malaysia ke-62 di Kedutaan Negeri Jiran di Jakarta, Rabu (11/9).

BJ Habibie meninggal dunia pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta kemarin. Kabar tersebut disampaikan anak keduanya, Thareq Habibie.

Ketua Tim Dokter Kepresidenan (TDK) Prof dr Azis Rani dalam keterangan resminya menyebut bahwa Habibie masuk RSPAD sejak 1 September 2019. Ia ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

Sebelumnya, BJ Habibie sempat dirawat di Jerman setelah mengalami kebocoran klep jantung.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Zainal Abidin juga mengatakan bahwa BJ Habibie memiliki peran besar untuk Malaysia.

"Kita juga menyampaikan salam takziah atas kematian mantan presiden Indonesia pada taklim ini. Beliau merupakan pemimpin Indonesia yang banyak membantu mempereratkan hubungan Malaysia-Indonesia," ujarnya usai acara peringatan Hari Kemerdekaan Malaysia ke-62.

Ucapan belasungkawa untuk masyarakat Indonesia juga tak lupa ia sampaikan.

"Kita dari pihak kerajaan Malaysia menyampaikan salam takziah kepada keluarga arwah dan juga kerajaan Indonesia dan rakyat Indonesia seluruhnya," jelas dia dalam bahasa Melayu.

Sebelumnya, kedutaan Malaysia juga telah berbelasungkawa melalui sebuah pesan di akun Twitter resminya.

"(Kedutaan) menyampaikan rasa duka cita yang sedalam-dalamnya atas kepergian mantan Presiden RI, Bapak BJ Habibie yang kita semua hormati dan sanjungi. Semoga arwah beliau dirahmati Allah SWT. Al-Fatihah," demikian seperti dikutip dari akun Twitter resmi Kedutaan Malaysia di Jakarta kemarin.

Reporter: Tanti Yulianingsih

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Menteri Malaysia Soal Kabut Asap Indonesia: Biarkan Data Bicara
Asap Mengepul di Indonesia, Malaysia Meradang Sampai Minta Ganti Rugi
Raja-Raja di Dunia Pilih Hidup Sederhana, Tak Mewah-mewahan
Ucapan Duka Cita Berbagai Tokoh Dunia Iringi Kepergian BJ Habibie
Kenangan Anwar Ibrahim Ketika Menginap di Rumah Habibie di Jerman
Sri Mulyani Akui Daya Saing RI Tertinggal dari Korea dan Malaysia

(mdk/pan)