Perdana Menteri Israel Berencana Fasilitasi Perjalanan Haji ke Mekkah untuk Warganya

Perdana Menteri Israel Berencana Fasilitasi Perjalanan Haji ke Mekkah untuk Warganya
DUNIA | 24 Februari 2020 10:56 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Seorang pejabat dari Partai Likud Israel mengatakan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu sedang mempertimbangkan kemungkinan untuk memfasilitasi warganya untuk melaksanakan ibadah haji, langsung dari Tel Aviv ke Mekkah, Arab Saudi.

Anggota Parlemen dari Partai Likud, Miki Zuhar mengatakan telah ada kemajuan dalam rencana ini, khususnya terkait pendekatan Netanyahu dengan Arab Saudi.

Dilansir dari laman Alaraby, Senin (24/2), Zuhar mengatakan telah meminta Netnayahu untuk mengambil keuntungan dari kedekatannya dengan Arab Saudi untuk memungkinkan para peziarah Muslim Israel pergi ke Arab Saudi dengan biaya yang wajar - 5000 shekel (sekitar Rp20 juta rupiah) daripada 30.000 shekel (sekitar Rp121 juta rupiah).

1 dari 1 halaman

Sebelumnya, sekitar 30.000 peziarah dari Israel setiap tahun melakukan perjalanan ke Arab Saudi melalui Yordania. Seperti kebanyakan negara Arab, Arab Saudi tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Namun negara kerajaan tersebut telah membuat sejumlah langkah baru-baru ini mengisyaratkan hubungan yang lebih hangat dengan negara Yahudi itu. Beberapa waktu lalu dilaporkan ada rencana pertemuan antara Netanyahu dan putra mahkota Arab Saudi, Pangeran Muhammad bin Salman.

Namun pada akhir Januari, Pangeran Faisal mengatakan kepada CNN bahwa warga Israel tidak diizinkan berkunjung ke Arab Saudi, setelah negaranya telah memberi warganya lampu hijau untuk berkunjung.

Reporter Magang : Roy Ridho (mdk/pan)

Baca juga:
Untuk Pertama Kali, Raja Salman Terima Kunjungan Rabi Yahudi Israel
Israel Berencana Bangun Pabrik Pembuatan Vaksin Corona
Netanyahu Bakal Disidang Kasus Korupsi Pada 17 Maret
Bocah Palestina Terancam Kehilangan Sebelah Mata Setelah Ditembak Polisi Israel
Salat Subuh Berjemaah di Masjid Tertua di Tepi Barat

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami