Perempuan Jerman Berusia Seabad Terpilih Jadi Anggota Dewan

DUNIA | 30 Mei 2019 19:05 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Lisel Heise, nenek berusia 100 tahun terpilih sebagai anggota dewan di sebuah kota di Jerman barat. Ia memulai karir baru di bidang politik sejak Senin kemarin.

Heise adalah bagian dari kelompok akar rumput "Wir für Kibo". Ia memenangkan suara terbanyak dari para calon anggota dewan di Kirchheimbolanden, sebuah kota di Jerman yang berpenduduk 8.000 orang.

Wir für Kibo (We for Kirchheimbolanden) mengkampanyekan pembangunan berkelanjutan, partisipasi warga dan keterlibatan pemuda.

Wali Kota Kirchheimbolanden, sebuah kota di barat daya Negara Bagian Rhineland-Palatinate, Klaus Hartmüller mengatakan kepada CNN: "Dia kuat secara mental dan fisik dan cocok untuk melakukan pekerjaan itu."

"Lise Heise berusia 100 tahun pada bulan April dan memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai anggota dewan hanya pada musim semi tahun ini. Dan dia masuk! Tidak hanya itu, tetapi dia unggul dari 20 kandidat. Dari posisi 20 ke nomor 1," katanya seperti dikutip dari CNN, Kamis (30/5).

Heise, seorang mantan guru dan perenang yang bersemangat, mendasarkan sebagian dari kampanye pemilihannya untuk membuka kembali kolam renang terbuka setempat.

"Bahkan sampai akhir usia 90-an, dia sering berenang di 'Freibad' -- kolam renang terbuka yang ditutup pada 2011. Berenang dan membuka kembali kolam renang luar ruangan kami adalah keinginan hatinya," tambah Wali Kota Hartmüller.

Heise telah mencoba di masa lalu untuk menarik perhatian pada nasib kolam renang itu.

"Mikrofon sering dimatikan ketika saya mulai berbicara tentang kolam renang, dan tentu saja Anda berhenti, tidak ada gunanya," kata Heise.

"Tapi sekarang aku berusia 100 tahun, dalam posisi yang berbeda. Sekarang aku punya kesempatan untuk membuka mulut dan mengatakan sesuatu."

"Selain membuka kembali kolam renang, Heise juga telah menetapkan dirinya dalam tugas besar lain: untuk membantu membuat klub pemuda dan anak-anak," imbuh Wali Kota Hartmüller kepada CNN.

"Pemuda telah didorong menjadikan itu rumah kedua mereka," kata Heise saluran berita Jerman n-tv.

Reporter: Tanti Yulianingsih

Sumber: Liputan6.com (mdk/pan)

Baca juga:
Serunya Berselancar di Kanal Eisbach
Pesawat Dinas Kanselir Jerman Ditabrak Mobil Van
Aksi Prajurit Cantik Rusia dalam Parade Militer di Hari Kemenangan
Orang Tua di Jerman Bakal Kena Denda Jika Tidak Vaksin Campak ke Anak
Tingkatkan Kompetensi SDM, RI-Jerman Gelar Pelatihan Industri 4.0
Sebut Imigran sebagai Awal Kehancuran Jerman, Menantu Donald Trump Dikecam

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.