Perempuan Korea Utara hanya punya 18 model rambut

DUNIA | 22 Februari 2013 19:04 Reporter : Vincent Asido Panggabean

Merdeka.com - Anda mungkin tidak akan menemukan perempuan di Korea Utara memiliki model rambut sekelas artis papan atas Amerika Serikat. Ini lantaran kaum perempuan di negara itu hanya diperbolehkan memiliki model rambut yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Kamis (21/2), pemerintah Korea Utara mendesak kaum perempuan di negeri itu memilih salah satu model rambut dari 18 gaya yang telah disetujui. Hal ini sebagai langkah untuk menekan pengaruh budaya Barat di negara itu.

Nantinya, para perempuan ini hanya dapat memilih model rambut itu dari gambar yang sudah terpampang di seantero salon di negara itu. Namun sayangnya, tidak banyak kategori yang dapat dipilih.

Peraturan mengenai model rambut ini juga diterapkan pemerintah Korea Utara terhadap para lelaki. Pemerintah hanya mengizinkan sepuluh model rambut yang harus ditiru kaum pria.

Pada 2005, stasiun televisi milik pemerintah meluncurkan lima seri program acara berjudul 'Biarkan kami memangkas rambut kami yang disesuaikan dengan gaya sosialis'. Hal ini ditujukan agar para pria memiliki model rambut pendek baik di bagian belakang dan samping.

Di waktu yang sama, sejumlah pengumuman muncul di berbagai media di Korea Utara yang menyebut agar para pria memiliki gaya rambut rapi dan berpakaian yang layak.

Program acara itu juga menerjunkan tim lengkap dengan kamera tersembunyi untuk menangkap mereka yang melanggar kode tatanan rambut yang disesuaikan oleh pemerintah.

Acara itu bahkan beralasan agar tidak menumbuhkan rambut panjang demi alasan kesehatan. Program itu mengklaim memiliki rambut panjang hanya akan mengambil energi otak Anda.

Para lelaki di Korea Utara juga hanya diperbolehkan menumbuhkan rambut tidak lebih dari lima sentimeter. Mereka juga harus memangkas rambut 15 hari sekali.

Khusus lelaki yang sudah tua, Korea Utara memperbolehkan mereka memiliki rambut sedikit lebih panjang meski hanya sampai tujuh sentimeter.

(mdk/fas)

TOPIK TERKAIT