Peringati Revolusi Iran ke-39 tahun, Dubes Iran ingin kuatkan hubungan internasional

Peringati Revolusi Iran ke-39 tahun, Dubes Iran ingin kuatkan hubungan internasional
DUNIA | 13 Februari 2018 10:03 Reporter : Farah Fuadona

Merdeka.com - Euforia peringatan 39 tahun Revolusi Islam menyelimuti rakyat Iran. Tak hanya di Tehran, warga Iran yang tinggal di Jakarta pun ikut menyemarakkan kemenangan ini. Sebab pencapaian berharga Republik Islam Iran, yang terjadi pada 1979 itu membuka babak baru bagi penerapan demokrasi dengan pemilihan umum yang mengedepankan suara rakyat demi kemajuan bersama.

"Hal ini juga berkaitan dengan hak-hak kesetaraan gender yang juga melibatkan partisipasi perempuan di dalamnya," ujar Duta Besar Iran untuk Indonesia, Valiollah Mohammadi, pada perayaan Ulang Tahun ke-39 Revolusi Iran di Hotel Kempinski, Jakarta, Senin (12/2) malam.

Valiollah menjelaskan Revolusi Iran sebagai gerakan yang bertujuan melawan kekuasaan yang sewenang-wenang dan dominasi asing serta mencapai kebebasan, keadilan. Serta pertumbuhan ilmu pengetahuan di berbagai bidang untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan melepaskan ketergantungan dari produk minyak serta gas.

Selain itu, melalui perayaan ini Iran ingin menjaga hubungan diplomatik dengan negara lain yaitu dengan menyelesaikan masalah regional dan internasional yang rumit, terutama dalam melawan terorisme. Letak geografis Iran yang berada di wilayah Asia Barat, menjadikan negara ini dekat dengan berbagai ancaman terorisme di kawasan Timur Tengah.

"Keberadaan kami di sana membuat kami memiliki pengalaman yang sangat berharga, dan kami sampaikan kepada pihak Indonesia. Kami siap untuk membagikan pengalaman yang kami punya kepada Republik Indonesia," kata dia kepada awak media.

Hubungan bilateral antara Iran dengan Indonesia telah berusia 67 tahun, yang berlangsung dengan damai dan telah mengalami perkembangan besar terutama di bidang ekonomi, politik, budaya dan sektor ilmiah.

Iran dan Indonesia juga sama-sama memiliki komitmen mendukung kemerdekaan Palestina. Sebagi anggota dunia Islam yang aktif menentang ketidakadilan, Iran menentang kesewenang-wenangan Israel yang terus mengusik kehidupan rakyat Palestina. (mdk/frh)


Israel versus Iran kian memanas di Suriah
Ini rudal Suriah yang hancurkan jet tempur F-16 Israel
Hendak serang Iran, jet tempur Israel ditembak jatuh rudal Suriah
Tentara Irak amankan jalur pipa minyak ke Iran
Iran penjarakan mata-mata yang bocorkan program nuklir ke AS dan Eropa
Seruan revolusi jilbab mulai bergaung di Iran
Polisi Iran tangkap 29 perempuan karena lepas jilbab saat demonstrasi

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami