Pertanyaan Seputar Vaksin Johnson & Johnson yang Disebut Aman & Efektif Cegah Covid

Pertanyaan Seputar Vaksin Johnson & Johnson yang Disebut Aman & Efektif Cegah Covid
Ilustrasi Vaksin Covid-19. ©2021 REUTERS/Dado Ruvic/File Photo
DUNIA | 27 Februari 2021 08:00 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Dalam sebuah analisis yang dirilis pada Rabu, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengatakan, vaksin Covid-19 Johnson & Johnson telah memenuhi persyaratan untuk otorisasi penggunaan darurat. Vaksin ini dinyatakan aman dan efektif mencegah infeksi Covid-19.

Dengan hasil ini, Amerika Serikat (AS) selangkah lagi akan punya vaksin Covid-19 ketiga yang akan diberikan untuk warganya, setelah vaksin Pfizer dan Moderna.

Ada sejumlah pertanyaan terkait vaksin ini. Salah satunya terkait kapan vaksin akan mulai tersedia.

Dikutip dari CNN, Jumat (26/2), vaksin bisa segera tersedia secepatnya pada pekan depan. Vaksin ini masih perlu beberapa langkah sebelum FDA memberikan otorisasi atau izin penggunaan darurat.

Pada Jumat, Komite Penasihat Vaksin dan Produk Biologis Terkait FDA menggelar pertemuan. Kelompok pakar independen ini menetapkan bahwa vaksin Johnson & Johnson ini aman dan efektif. Komite ini kemudian membuat rekomendasi ke FDA. FDA biasanya akan mengikuti rekomendasi komite ini. FDA kemudian bisa mengesahkan vaksin ini secepatnya pada Jumat atau Sabtu ini.

Pada Minggu sore, Komite Penasihat Praktik Imunisasi Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) atau ACIP, dijadwalkan untuk bertemu dan menetapkan panduan terkait siapa saja yang harus mendapatkan vaksin tersebut.

Setelah itu, vaksin bisa mulai diluncurkan dari fasilitas Johnson & Johnson ke pusat vaksinasi di seluruh AS.

Tapi jangan harap daftar tunggu vaksin itu kelar dalam waktu dekat. Persediaan terbatas.

Perusahaan mengatakan pihaknya hanya memiliki 4 juta dosis vaksin yang siap dikirim segera. Pada akhir Maret ditargetkan 20 juta dosis vaksin siap diluncurkan.

Baca Selanjutnya: Satu suntikan...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami