Perusahaan China Dapat Izin Mulai Uji Coba Kandidat Vaksin Covid-19 pada Manusia

Perusahaan China Dapat Izin Mulai Uji Coba Kandidat Vaksin Covid-19 pada Manusia
DUNIA | 26 Juni 2020 14:21 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Pemerintah China telah menyetujui kandidat vaksin virus corona yang dikembangkan unit Produk Biologi Chongqing Zhifei untuk memulai uji coba pada manusia, kata perusahaan itu pada Selasa.

Dilansir dari Reuters, Jumat (26/6), vaksin potensial, yang dikembangkan bersama oleh Biofarmasi Anhui Zhifei Longcom dan Institut Mikrobiologi Akademi Ilmu Pengetahuan China, telah menerima sertifikat dari lembaga Administrasi Produk Medis Nasional untuk meluncurkan uji klinis.

Para peneliti dan perusahaan China sedang menguji enam percobaan pada manusia, dan puluhan vaksin berada dalam tahap uji klinis yang berbeda secara global.

Namun, tidak satu pun dari vaksin potensial tersebut yang telah lulus uji klinis fase 3, tahap akhir sebelum memasuki pasar konsumen.

Sejak muncul pertama kali pada akhir Desember 2019, virus corona baru telah menewaskan lebih dari 470.000 orang di seluruh dunia.

Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan pihaknya memiliki lebih dari 100 kandidat vaksin, yang mana salah satunya sedang dalam pengembangan tingkat lanjut.

"Berharap bahwa akan ada vaksin, perkiraannya adalah kita mungkin memiliki vaksin dalam satu tahun. Jika dipercepat, bisa jadi bahkan kurang dari setahun, tetapi dalam beberapa bulan. Itulah yang dikatakan para ilmuwan," jelasnya. (mdk/bal)

Baca juga:
WHO: Vaksin Virus Corona Belum Pasti, Bisa Jadi Perlu Waktu Setahun
Ahli Penyakit Menular AS Yakin Vaksin Covid-19 Tersedia Akhir Tahun Ini
Vaksin Corona dari China Masuki Tahap Ketiga Uji Klinis di Uni Emirat Arab
Ilmuwan Italia: Keganasan Virus Corona Memudar dan Bisa Mati Sendiri Tanpa Vaksin
Gugus Tugas Palembang Ungkap Penyebab Positif Covid-19 Terus Bertambah
WHO Prioritaskan Tiga Kelompok Pertama untuk Diberi Vaksin Covid-19

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Putar Otak Bisnis Ritel Hadapi Corona

5