Pesawat Hercules Chile Hilang Dinyatakan Jatuh karena Kehabisan Bahan Bakar

DUNIA | 10 Desember 2019 18:01 Reporter : Pandasurya Wijaya

Merdeka.com - Tim penyelamat kini dikerahkan untuk mencari pesawat militer Chile yang dilaporkan hilang kontak dalam perjalanan menuju sebuah pangkalan di Antartica. Pesawat itu membawa 38 orang, terdiri dari 17 awak kabin dan 21 penumpang.

Dilansir dari laman Russia Today, Selasa (10/12), Direktur Operasi Angkatan Udara Chile Brigadir Jenderal Francisco Torres mengatakan, pesawat hilang itu dinyatakan "jatuh" karena hingga jangka waktu tertentu bahan bakar pesawat itu pasti sudah habis dan tidak bisa lagi terbang.

Namun dia menuturkan, masih ada "kemungkinan" pesawat itu selamat dan mendarat di suatu lokasi karena pesawat itu tidak mengirim sinyal darurat.

Pesawat C-130 Hercules itu lepas landas dari Pangkalan Udara Chabunco di Kota Punta Arenas selatan Chile pukul 16.55 waktu setempat hari ini dan hilang dari radar sekitar satu jam kemudian. Pesawat itu menjalankan misi rutin pemeliharaan menuju Pangkalan Udara Presidente Eduardo Frei Montalva di Antartica.

1 dari 1 halaman

Keberadaan Pesawat Belum Diketahui

Presiden Sebastian Pinera mengumumkan operasi penyelamatan dengan fokus menemukan penumpang selamat. Keberadaan pesawat itu hingga kini masih belum diketahui.

Pangkalan udara Presidente Eduardo Frei Montalva adalah pangkalan udara terbesar Chile yang berlokasi di kontinen diselimuti es. Sebagian kecil wilayah di Semenanjung Antartika merupakan teritori Chile, termasuk sejumlah pulau.

Pangkalan udara itu berada di tengah komunitas Villa Las Estrellas yang berpopulasi sekitar 150 orang di musim panas--antara Oktober hingga Februari--dan hanya 80 orang di bulan seterusnya. (mdk/pan)

Baca juga:
Pesawat Bawa 38 Penumpang di Chile Hilang Saat Menuju Antartika
Aksi Telanjang Dada di Tengah Protes Kekerasan Terhadap Wanita Chile
5 Peradaban Kuno dan Maju, Namun Hancurnya Misterius
Puluhan Nyawa Melayang dalam Kecelakaan Bus Maut di Chile
Sampah Berserakan di Kota Santiago Akibat Petugas Mogok Kerja
Momen Polwan Chile Terbakar Saat Bentrok dengan Demonstran

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.