Pihak Berwenang Mesir Tangkap Dua Oknum Bantu Turis Foto Tak Senonoh di Piramida

DUNIA | 14 Desember 2018 16:22 Reporter : Ira Astiana

Merdeka.com - Pihak berwenang Mesir menangkap oknum yang membantu dua warga Denmark mengambil foto dan video telanjang di Piramida Giza. Oknum tersebut adalah seorang penunggang unta dan seorang perempuan.

Perempuan tersebut berperan memberikan kontak si pengemudi unta kepada warga Denmark yang kemudian membawa mereka ke situs tersebut secara ilegal pada malam hari, tepatnya pada 29 November lalu. Dia mendapat bayaran senilai USD 225 setara Rp 3,2 juta.

"Keduanya telah mengakui peran mereka dalam insiden itu, dan akan diadili," demikian pernyataan Kementerian Dalam Negeri, dikutip dari laman Asia One, Jumat (14/12).

Sebelumnya beredar sebuah video bertajuk 'Menaklukkan Piramida Giza' yang diambil oleh fotografer Denmark Andreas Hvid. Dalam video tersebut, fotografer tersebut merekam seorang wanita tanpa busana bagian atas di makam berusia 4.500 tahun itu.

Menurut Hvid, video tersebut direkam pada akhir November dan diunggah ke Youtube pada 8 Desember lalu. Video berdurasi hampir tiga menit itu sejauh ini telah mencapai 4,5 juta penayangan.

Beredarnya video tersebut tentu saja mengundang kemarahan warga Mesir. Mereka menuntut agar kasus ini diselidiki agar tidak ada lagi kejadian serupa.

Sebagaimana diketahui, Great Piramida merupakan salah satu situs yang terbesar di Giza. Dengan tinggi 146 meter, situs itu adalah satu-satunya struktur yang masih ada dari tujuh keajaiban dunia kuno. Memanjat piramida adalah hal paling dilarang di Mesir, terlebih dilakukan dalam keadaan telanjang.

Pada 2016 lalu, turis Jerman dilarang memasuki Mesir selamanya setelah mengunggah rekaman pendakian di salah satu struktur kuno tersebut. (mdk/ias)

Baca juga:
Pakai Gaun Tembus Pandang, Aktris Mesir Ini Terancam Dipenjara
Bintang Film Mesir Bakal Diadili karena Pakai Baju Tembus Pandang
Penampakan Thuya, Mumi Wanita Berusia 3.000 Tahun di Mesir
Melihat Tradisi Kuno Berburu dengan Elang di Mesir
Tradisi Warga Mesir Sambut Maulid Nabi dengan Permen
Mengobati Penyakit dengan Terapi Sengat Lebah dari Mesir

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.