Joe Biden Resmi Menangkan Pilpres AS, Presiden Meksiko dan Brasil Ucapkan Selamat

Joe Biden Resmi Menangkan Pilpres AS, Presiden Meksiko dan Brasil Ucapkan Selamat
Presiden terpilih Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador. ©2018 Counter Currents
DUNIA | 16 Desember 2020 12:02 Reporter : Iqbal Fadil

Merdeka.com - Berdalih menunggu hasil resmi, Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador dan Presiden Brasil Jair Bolsonaro akhirnya mengucapkan selamat kepada Joe Biden atas kemenangan dalam pemilihan Presiden AS November lalu.

Obrador dan Bolsonaro menunggu sampai hari setelah kemenangan pemilihan Biden 3 November dikonfirmasi oleh Dewan Electoral AS sebelum mengakuinya.

Kim Jong Un dari Korea Utara mungkin satu-satunya pemimpin internasional utama yang belum mengakui kekalahan Biden dari Presiden Republik Donald Trump dalam pemilihan bulan lalu.

Trump sendiri telah menolak untuk mengakui kekalahan, membuat klaim yang tidak berdasar tentang penipuan pemungutan suara yang meluas dan mengejar upaya hukum yang gagal untuk membatalkan hasil.

Selama berminggu-minggu, Lopez Obrador berpendapat bahwa menunggu hingga gugatan hukum Trump berakhir adalah tindakan yang bijaksana.

Pada konferensi pers pagi harinya, pemimpin berhaluan kiri itu mengatakan bahwa dia mengirim surat kepada pemimpin Amerika yang baru itu untuk memuji "kemenangan" Biden.

Dilansir Reuters, Rabu (15/12), dia menekankan sikap pro-imigran mantan wakil presiden dari Partai Demokrat dan menyarankan kedua tetangganya untuk bekerja sama dalam masalah pelik, setelah bertahun-tahun tuntutan Trump yang belum pernah terjadi sebelumnya agar pemerintah Meksiko berbuat lebih banyak untuk mengurangi arus migran yang terikat AS.

"Saya juga ingin mengungkapkan pengakuan saya atas posisi Anda yang mendukung para migran Meksiko dan dunia, yang akan memungkinkan kelanjutan rencana kami untuk mempromosikan pembangunan dan kesejahteraan di Meksiko tenggara dan di antara negara-negara Amerika Tengah," tulis Obrador.

Baca Selanjutnya: Bolsonaro Akhirnya Akui Biden...

Halaman

(mdk/bal)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami