Presiden Sri Lanka Tunjuk Saudaranya Rangkap Dua Jabatan Penting, PM dan Menkeu

DUNIA | 22 November 2019 18:44 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Presiden terpilih Sri Lanka, Gotabaya Rajapaksa menunjuk saudaranya menduduki dua jabatan penting. Setelah menunjuk Mahinda Rajapaksa, sebagai perdana menteri (PM), Mahinda juga ditunjuk menjadi Menteri Keuangan (Menkeu) sementara, televisi pemerintah menyiarkan dalam siaran langsung Jumat (22/11).

Mahinda adalah mantan Presiden Sri Lanka, diambil sumpahnya sebagai Menteri Keuangan dan Pembangunan Kebijakan Ekonomi. Demikian dilansir dari Reuters, Jumat (21/11) sore.

Mahinda juga ditugaskan untuk urusan Buddha, Kebudayaan dan Agama, serta Pembangunan Perkotaan dan Pasokan Air dan Perumahan. Demikian tayangan dari sekretariat presiden saat cara pengambilan sumpah.

Gotabaya Rajapaksa adalah saudara tertua Chamal, seorang legislator, yang dilantik sebagai Menteri Pertanian, Irigasi, Perdagangan Dalam Negeri, dan Kesejahteraan Konsumen.

1 dari 1 halaman

Klaim Menang

Gotabaya Rajapaksa, 70 tahun, sempat mengklaim kemenangan dan lawan utamanya, Sajith Premadasa, mengakui kekalahan berdasarkan hasil hitung resmi sementara dengan total seperempat suara masuk --di mana penghitungan masih berlangsung hingga komisi pemilihan negara mengumumkan selesai.

Laman BBC melaporkan, Minggu (17/11), pemilihan ini adalah yang pertama di Sri Lanka sejak serangan teror menewaskan lebih dari 250 orang pada April 2019 lalu.

Sebanyak 35 kandidat bersaing untuk mendapatkan suara dalam pemilihan presiden yang ketiga sejak berakhirnya perang saudara selama puluhan tahun di negara itu pada tahun 2009.

Rajapaksa adalah sosok terpolarisasi. Ia dipandang sebagai salah satu dari dua calon terdepan dalam persaingan ini, dengan salah satunya adalah Menteri Perumahan Sri Lanka Sajith Premadasa. (mdk/pan)

Baca juga:
Warga Muslim Sri Lanka Diliputi Kecemasan Usai Pemilu
Pemilu Presiden Sri Lanka, Mantan Menteri Pertahanan Klaim Kemenangan
Malangnya Gajah di Sri Lanka, Tubuhnya Lemah dan Kurus Kering
Ratusan Ekor Gajah Mati Setiap Tahun di Sri Lanka
Melihat Sejarah Munculnya Kelompok Buddha Garis Keras di Sri Lanka dan Myanmar
Kepala Polisi Sri Lanka Ditangkap karena Gagal Cegah Serangan Bom Gereja

TOPIK TERKAIT