Raja Malaysia Terima Pengunduran Diri Mahathir Mohamad

Raja Malaysia Terima Pengunduran Diri Mahathir Mohamad
DUNIA | 25 Februari 2020 09:55 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Raja Malaysia Sultan Abdullah Ri’ayatuddin menerima dan menyetujui pengunduran diri Perdana Menteri (PM) Mahathir Mohamad pada Senin (24/2) dalam sebuah pertemuan. Dalam kesempatan itu, Raja juga menunjuk Mahathir sebagai PM sementara.

Mahathir mengajukan pengunduran diri pada Senin kemarin. Kepala Sekretaris Pemerintah, Mohd Zuki Ali mengatakan Raja Malaysia menunjuk Mahathir sebagai PM sementara sampai kepala pemerintahan baru ditunjuk.

Zuki Ali menambahkan, Sultan Abdullah Ri'ayatuddin atas saran dari Mahathir, juga membatalkan penunjukan susunan kabinet saat ini.

"Tugas anggota administrasi yang terdiri dari Wakil Perdana Menteri, Menteri, Wakil Menteri dan sekretaris politik telah berhenti berlaku pada tanggal yang sama, yaitu 24 Februari 2020," kata Zuki, dikutip dari The Straits Times, Selasa (25/2).

1 dari 1 halaman

Sebelumnya, Sekjen Partai Aksi Demokratik (DAP) Lim Guan Eng menyampaikan Mahathir mengundurkan diri karena menolak bekerja sama dengan UMNO, di tengah spekulasi bahwa partai nasionalis Malaysia bergabung dengan sejumlah partai lain untuk kembali berkuasa.

Koalisi pemerintah Pakatan Harapan pada Senin menyaksikan pengunduran diri puluhan anggota parlemen, membuat koalisi ini kekurangan mayoritas di Parlemen.

Partai Mahathir, Partai Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM), yang memiliki 26 anggota parlemen, pada Senin mengumumkan keluar dari koalisi PH. Sementara itu, 11 anggota parlemen dari Partai Keadilan Rakyat (PKR) pimpinan Anwar Ibrahim juga keluar dari koalisi dan membentuk blok independen.

Pengunduran diri anggota parlemen ini, faksi rival Anwar Ibrahim, dipimpin Wakil Presiden PKR, Azmin Ali, yang merupakan Menteri Urusan Ekonomi, dan Menteri Dalam Negeri dan Pemerintahan Lokal, Zuraida Kamaruddin.

Pengunduran diri para anggota parlemen ini membuat PH kekurangan mayoritas di parlemen, yang berarti bahwa pemerintah saat ini telah lengser secara efektif. Sementara itu, Lim mengatakan koalisi PH masih mendapat dukungan mayoritas di parlemen. (mdk/pan)

Baca juga:
Wan Azizah Disebut-Sebut Bakal Gantikan Mahathir Jadi Perdana Menteri Malaysia
Politik Malaysia Memanas, Anwar Ibrahim Mengaku Dikhianati Anggota Koalisi
Mahathir Mohammad Mundur, Politik Malaysia Terombang-ambing Dalam Ketidakjelasan
PM Malaysia Mahathir Mohamad Mengundurkan Diri
Kisah George Town Penang dan Muralnya yang Jadi Buruan Pelancong Dunia
Wakil Perdana Menteri Malaysia Sampaikan Dukacita Atas Meninggalnya Ashraf Sinclair

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami