Raja Salman Gelontorkan Rp39 Triliun Buat Bayar Gaji Pegawai Swasta Demi Hindari PHK

Raja Salman Gelontorkan Rp39 Triliun Buat Bayar Gaji Pegawai Swasta Demi Hindari PHK
DUNIA | 6 April 2020 13:30 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz memerintahkan agar kementerian terkait menggelontorkan dana sebesar 9 miliar riyal (USD 2,4 miliar) untuk membayar sebagian gaji pekerja sektor swasta. Tujuannya agar perusahaan tidak melakukan pemecatan pegawai di tengah krisis pandemi virus corona. Demikian dilaporkan Biro Pers Saudi (SPA) pada Jumat.

Langkah terbaru ini untuk mengatasi dampak pandemi virus corona, menyusul paket stimulus darurat yang diumumkan bulan lalu untuk menopang perekonomian. Demikian dilansir dari Alarabiya, Senin (6/4).

“Alih-alih menghilangkan pekerjaan karyawannya, perusahaan memiliki hak untuk meminta asuransi sosial untuk dicairkan sebagai kompensasi 60 persen dari gajinya selama periode tiga bulan, dengan batas maksimum 9 ribu riyal (per karyawan) dan dengan nilai total hingga 9 miliar riyal," SPA melaporkan, mengutip perintah kerajaan.

1 dari 1 halaman

Stimulus yang diumumkan bulan lalu oleh Menteri Keuangan Mohammed al-Jadaan mencakup 70 miliar riyal yang harus disisihkan untuk membantu sektor swasta, dengan langkah-langkah termasuk pembebasan dan penundaan beberapa biaya dan pajak pemerintah.

Otoritas keuangan Arab Saudi, bank sentral, mendesak para pemberi pinjaman untuk mengevaluasi kembali suku bunga pada kartu kredit dan mengembalikan biaya transfer valuta asing untuk pemesanan tiket perjalanan.

Kementerian Kesehatan menyampaikan pada Jumat, Arab Saudi telah mencatat 154 infeksi baru sejak Kamis, sehingga totalnya menjadi 2.039 dan 25 kematian. (mdk/pan)

Baca juga:
Cara Kreatif Warga Dunia Lindungi Diri dari Corona di Tempat Umum
Ratu Elizabeth Bangkitkan Semangat Perang Dunia II untuk Hadapi Pandemi Corona
Harimau di Kebun Binatang New York Positif Corona
Trump Minta Pasien Virus Corona Minum Obat Malaria Meski Belum Terbukti Manjur
Ilmuwan Inggris Kembangkan Alat Tes Bisa Deteksi Covid-19 Sebelum Muncul Gejala
Peralatan Medis Langka, Rumah Sakit di AS Lakukan Ini Untuk Tangani Pasien Covid-19
WHO Kini Dukung Semua Orang Pakai Masker Cegah Penularan Virus Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami