Raja Salman Kecam Iran dalam Pidato Sidang Umum PBB

Raja Salman Kecam Iran dalam Pidato Sidang Umum PBB
DUNIA | 24 September 2020 18:05 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz menyampaikan serangan tajam kepada Iran saat berpidato di Sidang Umum PBB pada Rabu, mendesak komunitas internasional menemukan "solusi komprehensif" kepada apa yang disebutnya "sokongan terorisme" Teheran.

Duduk di kantornya dengan bendera Arab Saudi di belakangnya, raja 84 tahun itu nampak bersusah payah membaca naskah pidato dari tumpukan kertas yang dia pegang tanpa melihat ke kamera.

"Pengalaman kami dengan rezim Iran telah mengajarkan kami solusi parsial dan ketenteraman tidak menghentikan ancamannya terhadap perdamaian dan keamanan internasional," jelas Raja Salman, seperti dikutip dari Middle East Eye, Kamis (24/9).

Raja Salman mengatakan, Riyadh pernah ingin menjalin hubungan akrab dengan Teheran beberapa dekade lalu, tapi Iran diduga meningkatkan "aktivitas ekspansionis"-nya dan membangun "jaringan teror" di seluruh Timur Tengah, menyebarkan "kekacauan, ekstremisme, dan sektarianisme".

Hubungan kedua negara ini selalu tak akur, tapi ketegangan meningkat sejak permulaan perang di Yaman pada 2015 seiring dengan naiknya Putra Mahkota Pangeran Muhammad bin Salman (MBS).

Pada 2016, pengunjuk rasa Iran menggedor kedutaan Arab Saudi di Teheran menanggapi eksekusi ulama Syiah Arab Saudi, Sheikh Nimr al-Nimr.

Para pemimpin Iran mengatakan kebijakan luar negeri negara mereka bertujuan membantu rakyat di wilayah itu dari hegemoni Amerika. Kritik juga menunjuk kebijakan regional Arab Saudi dan catatan hak asasi manusia, termasuk perang Yaman dan penculikan PM Lebanon, Saad Hariri pada 2017.

Baca Selanjutnya: Dukung Upaya Perdamaian...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami