Ratu Elizabeth Bangkitkan Semangat Perang Dunia II untuk Hadapi Pandemi Corona

Ratu Elizabeth Bangkitkan Semangat Perang Dunia II untuk Hadapi Pandemi Corona
DUNIA | 6 April 2020 11:42 Reporter : Pandasurya Wijaya

Merdeka.com - Ratu Elizabeth, kemarin mengatakan kepada rakyat Inggris, bangsa mereka akan mengatasi wabah virus corona jika mereka semua tetap mengisolasi diri di rumah. Pesan dari Ratu yang disampaikan dalam siaran televisi yang jarang terjadi itu mengingatkan orang akan pesan semangat ketika Perang Dunia Kedua.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Senin (6/4), pengumuman itu adalah siaran televisi Ratu yang kelima selama 68 tahun dia berkuasa. Seruan Ratu kepada rakyat Inggris itu juga ingin menunjukkan bagaimana leluhur bangsa Inggris menghadapi masalah dan memperlihatkan kuatnya generasi di masa lalu.

"Kita akan berjumpa lagi," kata Ratu berusia 93 tahun itu merujuk pada lagu terkenal di masa Perang Dunia pada era 1940-an ketika dia masih remaja. "Hari baik akan kembali."

"Bersama kita bisa menghadapi penyakit ini dan saya ingin meyakinkan kalian, jika kalian tetap bersatu dan teguh maka kita akan bisa mengatasi masalah ini," kata dia dari Istananya di Windsor Castel tempat dia tinggal bersama suaminya Pangeran Philip, 98 tahun.

1 dari 1 halaman

"Di masa lalu kita sudah menghadapi berbagai rintangan, kali ini berbeda. Kita bergabung dengan semua bangsa di dunia bersama dengan kemampuan ilmu pengetahuan dan naluri kasih sayang kita yang menyembuhkan. Kita akan berhasil--dan kesuksesan itu akan jadi milik kita bersama."

Siaran Ratu itu terjadi hanya beberapa jam setelah pejabat kesehatan mengatakan angka kematian di Inggris akibat covid-19 bertambah 621 jiwa dalam 24 jam terakhir sehingga total sudah da 4.934 kematian di Inggris.

Perdana Menteri Boris Johnson kini juga tengah menjalani swakarantina karena positif covid-19 dan putra Ratu, Pangeran Charles, 71 tahun, sudah sembuh setelah mengalami gejala corona.

Seperti negara lain di Eropa, Inggris kini dalam keadaan karantina wilayah. Warga dianjurkan berada di rumah saja kecuali ada keperluan mendesak harus keluar. (mdk/pan)

Baca juga:
Harimau di Kebun Binatang New York Positif Corona
Trump Minta Pasien Virus Corona Minum Obat Malaria Meski Belum Terbukti Manjur
Ilmuwan Inggris Kembangkan Alat Tes Bisa Deteksi Covid-19 Sebelum Muncul Gejala
Peralatan Medis Langka, Rumah Sakit di AS Lakukan Ini Untuk Tangani Pasien Covid-19
WNI Positif Corona di Luar Negeri Ada 210 Orang, 33 Dinyatakan Sembuh
Peneliti Monash University Temukan Obat Potensial Lawan Covid-19

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami