Sebulan, Pentagon Habiskan Anggaran Rp 65 Miliar untuk Lobster dan Kepiting

Sebulan, Pentagon Habiskan Anggaran Rp 65 Miliar untuk Lobster dan Kepiting
DUNIA | 14 Maret 2019 16:01 Reporter : Pandasurya Wijaya

Merdeka.com - Sebuah laporan penggunaan anggaran belanja pemerintah federal Amerika Serikat (AS) mengungkapkan bagaimana badan-badan federal AS menggunakan anggaran untuk berbagai kesenangan. Salah satunya ialah menghabiskan anggaran sebesar USD 4,6 juta atau setara Rp 65 miliar dalam sebulan untuk makanan mewah seperti kepiting dan lobster.
Penggunaan dana itu tercantum dalam laporan bulan terakhir tahun fiskal 2018.

Demikian diungkapkan OpenTheBooks, sebuah organisasi nirlaba yang meneliti transparansi dan efisiensi anggaran federal.

"Kami melihat pada tahun itu, USD 22 juta yang dihabiskan Pentagon (Kantor Departemen Pertahanan AS) hanya untuk lobster, selama empat tahun terakhir hanya untuk lobster saja hampir mencapai USD 55 juta,” kata CEO OpenTheBooks, Adam Andrzejewski kepada Fox Business, dilansir dari Sputnik News, Kamis (14/3).

Menurut laporan yang berjudul “The Federal Government’s Use-It-Or-Lose-It Spending Spree”, badan-badan federal menghabiskan total USD 97 miliar pada kontrak tahun lalu atau mengalami kenaikan 16 persen dari tahun fiskal 2017.

Pada hari-hari terakhir tahun fiskal 2018, badan-badan federal meningkatkan anggaran pengeluaran menjadi USD 53 miliar, lebih besar dari anggaran yang mereka belanjakan sepanjang Agustus.

Rupanya, itu bukan fenomena baru: di bulan terakhir setiap tahun fiskal, badan-badan federal bekerja keras menghabiskan sisa anggaran tahunan dan jika tidak, ada kekhawatiran Kongres akan menurunkan anggaran untuk badan-badan tersebut di tahun selanjutnya.

"Teori kami adalah bahwa, dalam banyak kasus, orang-orang yang bertanggung jawab atas anggaran hanya mengikuti jalan yang paling sedikit bertentangan. Ketika dihadapkan dengan tenggat waktu penggunaan-atau kerugian-struktural, mereka membelanjakan sebanyak mungkin untuk apa pun yang paling mudah untuk menghabiskan uang. Sekali lagi, Kongres menciptakan struktur insentif yang sesat ini," jelas Andrzejewski.

Selain membeli makanan sari laut yang mahal, badan-badan ini juga menggunakan dana dari pajak rakyat itu untuk membeli perabot mahal, peralatan CrossFit, iPhone dan iPad, peralatan musik, peralatan makan porselen, dan alkohol di antara kategori-kategori lainnya.

Warganet pun bereaksi keras terkait hal ini. Di Twitter, warga AS pun mencuit dan mengecam penggunaan anggaran untuk membeli lobster dan kepiting.

"Pemborosan ini harus dihentikan. Ini penghinaan bagi para pembayar pajak," tulis senator Rand Paul Rand di Twitter. (mdk/pan)

Baca juga:
Mirip Sarang Lebah, 'The Vessel' Akan Jadi Ikon Baru Kota New York
Relaksasi Yoga Bersama Kucing
Ini 10 Kota dengan Miliuner Terbanyak di Dunia
Venezuela Beri Waktu 72 Jam Bagi Diplomat AS untuk Angkat Kaki
Negara-Negara ini Masih Menggunakan Pesawat Boeing 737-800 MAX
Amerika Serikat akan Tarik Semua Staf Diplomatik dari Venezuela

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami