Selandia Baru Bebas Virus Corona, Semua Aturan Pembatasan Segera Dicabut

Selandia Baru Bebas Virus Corona, Semua Aturan Pembatasan Segera Dicabut
jacinda ardern. ©AFP
DUNIA | 8 Juni 2020 18:20 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Selandia Baru akan mencabut hampir semua pembatasan karena virus corona karena tidak ada kasus aktif yang dilaporkan di negara ini.

Sistem peringatan pada tengah malam waktu setempat akan berada pada level satu, level terendah dari empat level peringatan.

Setelah itu, jarak sosial tidak akan lagi diperlukan dan tidak akan ada batasan pada pertemuan publik, tetapi perbatasan akan tetap ditutup.

Selandia Baru telah melaporkan tidak ada kasus Covid-19 baru selama lebih dari dua pekan.

Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan kepada wartawan dia sampai menari kecil ketika mendapat informasi negaranya tidak lagi memiliki kasus virus aktif.

"Sementara kita berada dalam posisi yang lebih aman dan kuat, masih belum ada jalan yang mudah untuk kembali ke kehidupan pra-Covid, tetapi tekad dan fokus yang kita miliki pada respons kesehatan kita sekarang akan menjadi dasar dalam pembangunan kembali perekonomian kita," jelasnya, dilansir dari BBC, Senin (8/6).

"Meskipun tugas ini belum selesai, tidak dapat disangkal ini adalah tonggak sejarah. Jadi, bisakah saya menyelesaikannya dengan ucapan sederhana, 'Terima kasih, Selandia Baru'," lanjutnya.

Baca Selanjutnya: Upaya Berkelanjutan...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami