Sering Beda Pendapat, Trump Pecat Penasihat Keamanan Nasional John Bolton

DUNIA | 11 September 2019 12:19 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Donald Trump semalam memutuskan memecat penasihat keamanan nasional John Bolton. Trump mengumumkan kabar itu di media sosial Twitter.

"Saya memberi tahu John Bolton tadi malam bahwa tugasnya tidak lagi diperlukan di Gedung Putih. Saya sangat tidak setuju dengan banyak sarannya, seperti juga yang lainnya dalam pemerintahan, dan karena itu saya meminta John untuk mengundurkan diri, yang diberikan kepada saya pagi ini, tulis Trump, seperti dikutip laman CNBC, Rabu (11/9).

Trump mengatakan Bolton sering tidak sependapat dengannya. Namun beberapa menit kemudian, Bolton mengungkapkan di akun Twitternya bahwa dia yang mengajukan pengunduran diri pada Senin malam.

"Saya menawarkan untuk mengundurkan diri tadi malam. Dia tidak pernah memintanya, secara langsung atau tidak langsung," kata Bolton dalam pernyataan berikutnya kepada NBC News.

"Saya tidur dan mengundurkan diri pagi ini."

Keputusan Bolton untuk mengundurkan diri, menjadi berita yang mengejutkan untuk Washington. Pasalnya, Bolton adalah orang yang berperan dalam menangani isu Iran dan Korea Utara.

NBC News melaporkan wakil penasihat keamanan nasional Charles Kupperman telah ditunjuk sebagai pelaksana tugas keamanan nasional.

Bolton yang ditunjuk sebagai penasihat keamanan nasional untuk menggantikan H. McMaster pada Maret 2018 adalah seorang kritikus keras terhadap Iran, dan telah mengusulkan serangan militer terhadap negara penghasil minyak tersebut.

Sekretaris pers Gedung Putih Stephanie Grisham ketika ditanya mengenai undangan rahasia Trump kepada Taliban Afghanistan untuk bertemu di Camp David untuk pembicaraan damai adalah titik putus hubungannya dengan Bolton, mengatakan: "Tidak, bukan hanya itu, banyak masalah."

Ia juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Bolton atas layanannya, dan mengatakan akan menunjuk Penasihat Keamanan Nasional baru minggu depan.

Tweet yang dimuat Trump diunggah sekitar 90 menit sebelum Bolton diperkirakan akan muncul pada konferensi pers dengan Sekretaris Negara Mike Pompeo dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin.

Sekitar 15 menit setelah itu, Bolton berkicau di akun Twitternya.

"Saya mengajukan pengunduran diri tadi malam dan Presiden Trump mengatakan,"Mari kita bahas soal itu besok."

Pembawa acara Fox News Brian Kilmeade mengatakan dalam siarannya, Bolton mengirimkan pesan singkat kepadanya dan mengatakan, "Mari kita perjelas. Saya mengundurkan diri."

Wakil sekretaris pers Gedung Putih Hogan Gidley mengatakan, Presiden meminta pengunduran diri John Bolton tadi malam dan disampaikan pagi ini.

Reporter Magang: Ellen RiVeren

Baca juga:
Trump Batalkan Diskusi Perdamaian dengan Taliban
Manfaatkan Perang Dagang, Demonstran Minta Trump Bebaskan Hong Kong dari China
Tak Hanya China, Ini Deretan Negara Perang Dagang dengan Amerika Serikat
Jempol Donald Trump Sangat Sakti, Bisa Bikin Pasar Dunia Pontang-Panting
Dokumen CIA Terbaru Ungkap Reaksi AS Setelah Pembunuhan Khashoggi
Trump Main Golf Di Saat Badai Dorian Menuju Amerika

(mdk/pan)