Setelah Johnson & Johnson, Perusahaan Farmasi Eli Lilly Hentikan Uji Vaksin Corona

Setelah Johnson & Johnson, Perusahaan Farmasi Eli Lilly Hentikan Uji Vaksin Corona
Ilustrasi Vaksin Covid-19. ©2020 REUTERS
DUNIA | 14 Oktober 2020 12:32 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Dua uji coba medis vaksin Covid-19 terakhir dihentikan sementara hanya dalam waktu 24 jam karena masalah keamanan, langkah mundur terbaru para ilmuwan dalam perjuangan panjang mengatasi pandemi.

Perusahaan farmasi AS, Eli Lilly pada Selasa menghentikan uji coba Fase 3 obat antibodi yang diproduksi laboratoriumnya terhadap pasien yang dirawat di rumah sakit akibat sebuah insiden yang belum dijelaskan.

Sehari sebelumnya, raksasa perusahaan farmasi AS Johnson & Johnson menghentikan sementara uji coba vaksin Fase 3 karena adanya efek samping atau penyakit yang belum dijelaskan yang dialami salah seorang peserta.

Kepala Peneliti Johnson & Johnson, Mathai Mammen mengatakan kepada para investor pada Selasa, ada penghentian sementara yang bisa jadi tak berkaitan dengan vaksin mereka.

Bukan hal yang aneh jika uji klinis tahap akhir menemukan masalah - memang, uji coba tersebut dirancang untuk meningkatkan jumlah peserta menjadi ribuan atau puluhan ribu untuk menghilangkan efek samping yang mungkin sangat jarang terjadi.

Dokter dan ilmuwan Eric Topol, yang memimpin Scripps Research Institute, menulis di Twitter, dia terkejut mendengar adanya masalah keamanan menyangkut antibodi Lilly, karena tahap-tahap sebelumnya tidak menunjukkan efek samping yang serius.

“Semoga dihentikan sebentar dan kita akan mendapat detailnya dengan cepat. Bagus menjadi berhati-hati,” ujarnya, dikutip dari AFP, Rabu (14/10).

"Lilly mendukung keputusan DSMB independen (dewan pemantau keamanan data) untuk secara hati-hati memastikan keamanan pasien yang berpartisipasi dalam penelitian ini," kata seorang juru bicara kepada AFP dalam sebuah pernyataan, Selasa.

Baca Selanjutnya: Penelitian dimulai pada Agustus di...

Halaman

(mdk/bal)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami