Setelah UEA, Bahrain Disebut Segera Normalisasi Hubungan dengan Israel

Setelah UEA, Bahrain Disebut Segera Normalisasi Hubungan dengan Israel
DUNIA | 9 September 2020 09:26 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Badan intelijen Israel, Mossad melakukan komunikasi secara intens dan cukup dekat dengan pejabat Bahrain terkait langkah normalisasi hubungan yang akan disepakati akhir bulan ini. Demikian diungkapkan sebuah laporan pada Minggu.

Kepala Mossad, Yossi Cohen melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri Bahrain, Khalifa bin Salman Al Khalifa tiga pekan lalu, menurut laporan Channel 12 Israel.

Dikutip dari Alaraby, Rabu (9/9), koresponden militer Channel 12, Nir Dafouri, mensinyalir Israel memikat Israel dengan kesepakatan senjata sebagai ganti normalisasi.

Sejumlah sumber Israel memperkirakan, normalisasi dengan Bahrain akan diumumkan dalam waktu dekat setelah Israel dan Uni Emirat Arab (UEA) menandatangani deklarasi formal aliansi mereka di Washington, yang dijadwalkan berlangsung pekan depan.

Mereka mengatakan, normalisasi kemungkinan terjadi secepatnya pada akhir September.

Saluran televisi tersebut melaporkan, pejabat AS juga menjadi mediator antara Israel dan Bahrain, menekankan bahwa penasihat senior Presiden Donald Trump sekaligus menantunya, Jared Kushner, bertemu dengan Raja Bahrain dan putra mahkotanya pekan lalu.

Pada Kamis lalu, Baharin mengizinkan penerbangan pesawat dari dan ke Israel melintasi wilayah udaranya, sehari setelah Arab Saudi menyetujui permintaan yang sama dari UEA.

Di Manama, Raja Bahrain, Hamad bin Isa Al Khalifa meyakinkan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, atas komitmen negaranya terhadap Inisiatif Perdamaian Arab 2002, yang meminta pembentukan negara Palestina sebagai ganti normalisasi hubungan dengan Israel.

Bulan lalu, Presiden AS Donald Trump mengumumkan UEA telah menormalisasi hubungannya dengan Israel, negara Arab ketiga yang melakukan hal tersebut setelah Mesir dan Yordania.

Baca Selanjutnya: Kontak antara Baharin - negara...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami