Si Jago Merah Ngamuk di Daerah Kumuh Bangladesh, 15 Ribu Rumah Ludes Terbakar

DUNIA | 18 Agustus 2019 18:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kebakaran besar melanda daerah kumuh Dhaka, Bangladesh yang menyebabkan 50.000 orang kehilangan tempat tinggal pada Jumat (16/8). Sekitar 15.000 rumah terbakar.

Banyak rumah yang memiliki atap plastik sehingga membantu api menyebar dengan cepat. Menurut laporan tidak ada korban jiwa, namun beberapa warga terluka.

Di kutip dari BBC.com, sebagian besar penduduk yang rumahnya terbakar memiliki penghasilan rendah dan banyak berpergian setelah festival Muslim Idul Adha. Tidak ada laporan lebih lanjut mengenai akibat kebakaran.

Pejabat dinas pemadam kebakaran, Ershad Hossain mengatakan, kebakaran tersebut juga merubuhkan sekitar 2.000 gubuk timah. Demikian dikutip dari theguardian.com.

Pemadam kebakaran membutuhkan lebih dari enam jam untuk memadamkan kobaran api. Investigasi juga masih berlangsung.

"Aku tidak bisa menyelamatkan satu hal pun. Saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan," kata Abdul Hamid (58), pengelola warung teh di perkampungan kumuh tersebut.

Pemerintah Bangladesh mengatakan akan memberikan bantuan kepada ribuan orang yang kehilangan tempat tinggal.

Pada bulan Februari lalu, kebakaran yang terjadi di distrik sejarah Dhaka menyebabkan sekitar 80 orang tewas. Peristiwa kebakaran lain juga menewaskan sembilan orang di kota pantai Chittagong.

Reporter Magang: Ellen Riveren

(mdk/did)

TOPIK TERKAIT