Sinyal kotak hitam EgyptAir sudah terdeteksi

Sinyal kotak hitam EgyptAir sudah terdeteksi
DUNIA | 1 Juni 2016 20:32 Reporter : Pandasurya Wijaya

Merdeka.com - Kapal tim pencari dari Prancis sudah berhasil mendeteksi sinyal yang diyakini berasal dari kotak hitam pesawat maskapai EgyptAir MS804 yang jatuh di Laut Meidterania bulan lalu.

Kementerian Penerbangan Sipil mengutip pernyataan dari komite pencari yang mengatakan kapal Laplace menerima sinyal kotak hitam itu dari kedalaman lautan, seperti dilansir koran the Daily Mail, Rabu (1/6).

Pesawat Airbus EgyptAir MS804 jatuh di Laut Mediterania membawa 66 penumpang pada 19 Mei lalu. Pesawat yang terbang dari Paris menuju Kairo hilang dari radar ketika sudah memasuki wilayah udara Mesir.

Tim pencari selama ini berkejaran dengan waktu karena baterai kotak hitam itu hanya mampu bertahan hingga empat atau lima pekan. Rekaman data informasi dari kotak hitam itu bisa menjadi jawaban penyebab jatuhnya pesawat.

MS804 membawa 40 warga Mesir, termasuk 15 warga Prancis. Sebelumnya menteri penerbangan Mesir menyebut penyebab jatuhnya pesawat itu kemungkinan karena serangan teroris.

Tim pencari sejauh ini sudah menemukan sejumlah puing-puing diduga berasal dari EgyptAir.

Mesir dan Prancis sudah menandatangani kesepakatan dengan dua perusahaan Prancis yang ahli dalam urusan pencarian bawah laut, yakni Alseamar dan Deep Ocean Search (DOS).

"Dua perusahaan ini punya dua tugas: pertama menemukan lokasi kotak hitam dan kedua mengambil kotak hitam itu dengan bantuan robot," kata seorang sumber dalam tim penyelidikan kepada kantor berita AFP di Kairo. (mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami