Soal matematika Singapura ternyata soal olimpiade

DUNIA | 14 April 2015 14:56 Reporter : Pandasurya Wijaya

Merdeka.com - Soal matematika untuk siswa kelas 5 SD di Singapura yang beredar di Internet dan membuat orang berdebat sekaligus penasaran dengan jawabannya, ternyata adalah soal olimpiade matematika untuk siswa peserta di sekolah Singapura dan Asia atau Singapore and Asian Schools Math Olympiad (SASMO).

Direktur Eksekutif ujian SASMO Henry Ong mengatakan soal ujian itu dilaksanakan pada 8 April lalu dan menyebar luas di Internet pada 12 April setelah akun Kennethjianwenz mengunggahnya di jejaring sosial Facebook. Di akun Facebooknya Kenneth mengatakan dia mendapatkan soal itu dari keponakan seorang temannya yang duduk di kelas 5 SD. Kenneth kemudian mengunggah foto lembaran soal sebenarnya dari ujian itu dan pernyataan dari Henry Ong.

Dalam pernyataannya Henry Ong mengatakan pihaknya merasa perlu memberi pernyataan tentang penyebaran soal matematika itu supaya orang tua siswa di Singapura tidak khawatir.

Henry menuturkan, soal matematika itu terdapat dalam Bagian ke-3 dari empat bagian soal olimpiade. Soal itu berada pada urutan nomor 24 dari 25 soal.

Soal itu memang tergolong sulit karena untuk mencari siswa terbaik. SASMO menjaring 40 persen siswa dengan nilai terbaik. Soal semacam itu sudah lazim dalam olimpiade matematika.

Tahun ini ada sekitar 28 ribu siswa dari Singapura, Brunei, Malaysia, Indonesia, Myanmar, Vietnam, Kamboja, Filipina, Thailand, China (termasuk Hong Kong dan Macau), Bulgaria, Uzbekistan, Mongolia, dan inggris yang mengikuti ujian ini.

Ini jawaban soal Matematika Singapura yang bikin orang penasaran

Soal matematika SD Singapura ini bikin orang penasaran

(mdk/pan)