Surfer Filipina Relakan Medali Emas Demi Selamatkan Lawan dari Indonesia di SEA Games

DUNIA | 9 Desember 2019 12:26 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Peselancar Filipina, Roger Casugay menuai pujian setelah menyelamatkan lawannya peselancar Indonesia saat pertandingan SEA Games 2019. Pujian itu membanjiri media sosial setelah sebuah unggahan tentang Casugay yang menyelamatkan pesaingnya di tengah pertandingan viral.

Berdasarkan unggahan Facebook oleh Jefferson Ganuelas, Casugay menyelamatkan lawannya, Arip Nurhidayat, yang hanyut dan dihantam tiga gelombang tinggi setelah tali seluncurnya putus di tengah putaran ke-3 kompetisi selancar pria pada hari Jumat, 6 Desember. Unggahan itu dibagi lebih dari 6 ribu kali.

"Peselancar lokal @roger_casugay menyelamatkannya tanpa memikirkan lagi perlombaan yang bisa membuatnya mendapat medali emas," tulis Ganuelas sebagaimana dilansir dari Rappler, Senin (9/12).

Dalam foto yang diunggah, kedua peselancar tersebut menggunakan satu papan selancar setelah upaya penyelamatan. Komisi Olahraga Filipina juga berkicau terkait aksi heroik tersebut dan memuji Casugay telah menunjukkan hati seorang juara.

"Walaupun kehilangan titik akhir emas, dia menjadi pemenang bagi banyak orang dengan pengorbanannya untuk saudaranya di bidang olahraga. Dia sungguh menunjukkan hati seorang juara. Seorang juara Filipina!" tulisnya.

1 dari 1 halaman

Para pengguna media sosial juga memuji aksi heroisme Casugay yang tak ternilai, melampaui medali apa pun dalam kompetisi.

"Ini jauh lebih berarti daripada medali emas #SEAGames2019," kicau pengguna Twitter, Titan.

"Lelaki ini mendapat jutaan penghargaan dari kami seluruh warga Indonesia, hormat!" tulis akun @GamalGani_7.

Karena insiden di San Juan, La Union itu, pertandingan antara Casugay dan Nurhidayat ditunda dan dijadwalkan ulang. (mdk/pan)

Baca juga:
Aksi Solidaritas Untuk SA
Timnas DOTA 2 & MLBB Indonesia siap Hadapi Tuan Rumah di SEA Games 2019
Kano Ganda Putra Raih Medali Emas SEA Games 2019
Voli Pantai Putra Indonesia Rebut Emas SEA Games 2019
Tim Kuasa Hukum Sebut Surat Pergantian dan Honor Shalfa Tidak Sesuai
Maizir Ryondra Raih Emas SEA Games 2019 Usai Tercepat di Kano 1000 Meter

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.