Survei menyebutkan rakyat Republik Ceko anggap Islam ancaman

DUNIA | 18 Mei 2014 20:31 Reporter : Ardini Maharani

Merdeka.com - Islam memang tengah mendapat sorotan terutama sejak kelakuan kelompok ekstremis Boko Haram mengatasnamakan agama samawi ini dalam aksi mereka, dunia makin takut pada Islam. Hal ini terlihat di Republik Ceko dalam sebuah survei, dua per tiga penduduk negara itu menganggap Islam sebagai ancaman.

Surat kabar Prague Post melaporkan, Ahad (18/5), Lembaga Institut Ilmu Pengetahuan Sosiologi Eropa (EUvox) telah mengadakan penelitian dengan aplikasi penghitungan lewat sebuah alat. Hasilnya, sekitar 18 ribu warga Ceko takut pada Islam.

Aplikasi ini juga digunakan sejuta warga Eropa. Dalam aplikasi ini ada 30 pertanyaan tentang Islam. "Warga Ceko lebih anti-Islam dibandingkan dengan Prancis atau Belanda. Penduduk di sana memang tidak berdampingan langsung dengan agama minoritas," ujar Michaela Vojtkova dari EUvox.

Secara keseluruhan Eropa masih takut Islam mengancam tradisi dan budaya mereka. Survei diklasifikasikan dalam umur, jenis kelamin, latar belakang pendidikan, dan sebagainya.

Dari latar belakang responden itu terlihat mereka tidak siap menerima syariah Islam. Seperti politikus Jana Volfova dari sayap kanan menolak keras penggunaan jilbab dan cadar, juga hukum Islam lain seperti rajam dan cambuk jika ketahuan melakukan hal tidak senonoh dengan lawan jenis.

 

(mdk/din)

TOPIK TERKAIT