Tak Cuma Wiranto, Menteri-Menteri di Dunia Ini Juga Diserang & Ada yang Meninggal

DUNIA | 11 Oktober 2019 06:10 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Menkopolhukam Wiranto diserang saat berada di Menes, Pandeglang. Wiranto diserang dengan pisau oleh pelaku yang diketahui berinisial SA. Alhasil, Wiranto mengalami dua luka tusuk di perut dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Peristiwa penyerangan terhadap pejabat setingkat menteri rupanya pernah terjadi di negara-negara lain. Para menteri tersebut diserang oleh pelaku tak dikenal dengan pisau hingga senjata api. Pelaku menjalankan aksinya saat para menteri melakukan kunjungan, dan dalam situasi yang lengah.

Berikut para menteri di dunia yang menjadi korban penyerangan oleh orang tak dikenal, mulai dari ditusuk hingga ditembak:

1 dari 4 halaman

Menteri Dalam Negeri Pakistan

Menteri Dalam Negeri Pakistan Ahsan Iqbal terluka dalam upaya pembunuhan di sebuah pertemuan di wilayah konstituennya, Narowal, pada 2018. Penyerang diidentifikasi sebagai Abid Hussain (21).

Polisi distrik setempat, Imran Kishwar menjelaskan, pelaku menembak Iqbal dari jarak sekitar 15 meter saat menteri dalam negeri Pakistan itu tengah memasuki kendaraannya untuk meninggalkan wilayah Kanjrur.

Setelah insiden penembakan, menteri dalam negeri Pakistan itu dilarikan DHQ Hospital di Narowal. Putra Iqbal, Ahmed, mengonfirmasi kepada Geo News bahwa ayahnya dalam kondisi sadar dan telah melewati masa kritis.

2 dari 4 halaman

Menteri Luar Negeri Swedia

Menteri Luar Negeri Swedia Anna Lindh diserang orang tak dikenal menggunakan senjata tajam di Stockholm pada 2003 silam. Saat itu Lindh berada di pusat perbelanjaan Nordiska Kompaniet di ibu kota Swedia.

Tiba-tiba orang tak dikenal datang dan menusuk Lindh. Akibatnya, Lindh mengalami luka tusukan di bagian lengan, perut, dan dada.

Insiden tersebut merenggut jiwa Lindh. Dia kehabisan darah akibat penusukan tersebut. Sehari setelah kejadian, Lindh meninggal dunia.

3 dari 4 halaman

Mantan Menteri Penerangan Pakistan

Mantan menteri penerangan Pakistan Sheikh Rasheed Ahmed terluka akibat serangan pria bersenjata di kantor pemilu Rawalpindi, pada 2010. Saat itu, Sheikh Rasheed sedang melakukan kampanye pemilu di kantornya Lal Haveli. Tiba-tiba pria bersenjata datang dan menembakkan tembakkan.

Akibat serangan tersebut, menurut menteri dalam negeri yang saat itu dijabat Rehman Malik, dua pengawal dan dua orang lainnya tewas. "Dua pengawal sisanya terluka".

4 dari 4 halaman

Menko Polhukam Wiranto

Menko Polhukam Wiranto diserang oleh orang tak dikenal saat berada di Alun-alun Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten, Kamis (10/10). Wiranto mengalami luka di perut akibat ditusuk dua kali dengan pisau.

Dalam insiden itu, Kapolsek Menes Kompol Dariyanto juga ikut terluka. "Terluka di bagian depan Pak Wiranto, kapolsek di belakang punggung," kata Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo.

Dua terduga pelaku diamankan tak lama setelah insiden penyerangan tersebut. Keduanya saat ini masih diperiksa Polda Banten. (mdk/dan)

Baca juga:
Kekesalan Menhan Ryamizard Saat Menko Wiranto Ditusuk Pria Diduga Terafiliasi ISIS
Wiranto Ditusuk, Jokowi Minta Kapolri Tingkatkan Pengamanan Pejabat
Ditangani Densus 88, Pasutri Penusuk Wiranto Dibawa ke Mabes Polri
Ini Sosok dan Latar Belakang Pelaku Penyerangan Wiranto
VIDEO: Presiden Jokowi Kutuk Keras Serangan Teroris Kepada Wiranto
7 Bulan Tinggal di Pandeglang, Pasutri Penusuk Wiranto Jarang Bergaul