Tak hanya Indonesia, China juga punya beras palsu

Tak hanya Indonesia, China juga punya beras palsu
Beras kertas di China. ©2015 Merdeka.com
DUNIA | 7 September 2015 10:50 Reporter : Marcheilla Ariesta Putri Hanggoro

Merdeka.com - Ingatkah Anda beberapa bulan lalu di Indonesia dihebohkan dengan beras palsu yang terbuat dari plastik? Hal ini juga rupanya terjadi di China, namun kali ini beras palsu tersebut terbuat dari kertas.

Hal ini ditemukan oleh seorang warga Provinsi Guangdong, Cai. Kala itu, Cai makan bersama keluarganya dan tiba-tiba merasa ada yang ganjil dengan nasi yang dia makan.

Begitu diselidiki, nasi tersebut ternyata terbungkus kertas yang amat tipis.

"Saya merasa aneh, karena ketika saya makan, nasinya agak keras. Rupanya ada kertasnya," ujar Cai seperti dilaporkan Apple Daily, yang dilansir Shanghaiist, Senin (7/9).

Cai kemudian melaporkan kejadian ini pada polisi setempat karena merasa dibohongi. Dia mengaku membeli beras tersebut di jalan dari seorang penjual beras organik.

"Dia mengatakan pada saya jika beras tersebut bebas pestisida," katanya.

Si penjual memang tidak berbohong, karena beras itu memang awet dan tidak memakai pestisida sebab terbuat dari kertas. Sementara itu, kepolisian lokal masih menyelidiki siapa penjual beras kertas ini.

Sama seperti di Indonesia, beras plastik juga sempat menghantui China. Namun karena plastik cepat meleleh ketika kena panas, bisa jadi ini merupakan salah satu modus penipuan baru. (mdk/ard)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami