Taliban Janji Bakal Suarakan Isu Muslim Kashmir India

Taliban Janji Bakal Suarakan Isu Muslim Kashmir India
jubir taliban suhail shaheen. ©REUTERS/Tatyana Makeyeva
DUNIA | 5 September 2021 20:05 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Taliban ingin menyuarakan isu yang dihadapi Muslim Kashmir, India, seperti disampaikan salah seorang juru bicaranya kepada BBC.

“Sebagai Muslim, kami juga punya hak untuk bersuara untuk Muslim di Kashmir, India atau negara lainnya,” jelas juru bicara Taliban, Suhail Shaheen, kepada BBC Hindi, dikutip Minggu (5/9).

India dan Pakistan menguasai bagian yang berbeda di kawasan mayoritas Muslim tersebut, dan keduanya saling klaim wilayah tersebut sepenuhnya milik mereka. Terjadi kekerasan di wilayah yang dikuasai India selama 30 tahun karena adanya pemberontakan kelompok separatis.

Ini adalah pertama kali Taliban mengomentari Kashmir India.

Dalam wawancara baru-baru ini dengan CNN-News18, pemimpin Taliban Anas Haqqani mengatakan: "Kashmir bukan bagian yurisdiksi kami dan intervensi bertentangan dengan kebijakan kami.”

Dalam sebuah wawancara lain dengan saluran berbasis di Pakistan, juru bicara Taliban lainnya, Zabiullah Mujahid mendesak Pakistan dan India duduk bersama untuk mencari solusi atas persoalan tersebut.

Shaheen mengatakan kepada BBC Taliban tidak memiliki kebijakan untuk meluncurkan operasi bersenjata terhadap negara mana pun.

Pernyataan Shaheen ini muncul bersamaan ketika India meningkatkan perhatiannya terkait minoritas Hindu dan Sikh Afghanistan di bawah Taliban, dan ada perhatian yang meningkat terkait kejahatan berbasis kebencian terhadap Muslim sejak 2014 di bawah pemerintahan Perdana Menteri India Narendra Modi.

Dengan Afghanistan dikuasai Taliban, banyak orang di India khawatir bagian kelompok itu sekarang dapat mengarahkan pandangan mereka ke Jammu dan Kashmir yang dikelola India, yang didorong elemen-elemen anti-India di Pakistan.

Dalam klip debat TV yang beredar luas, pemimpin PTI yang berkuasa di Pakistan Neelam Irshad Sheikh mengatakan: "Taliban telah mengatakan mereka bersama kami dan mereka akan membantu kami dalam (membebaskan) Kashmir."

Baca Selanjutnya: Kelompok Haqqani telah merancang dan...

Halaman

(mdk/pan)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami