Tembok perbatasan akan dibangun antara Thailand-Malaysia

DUNIA | 17 Maret 2018 10:29 Reporter : Liputan6.com

Merdeka.com - Pemerintah Thailand dan Malaysia berencana membangun tembok perbatasan di Provinsi Songkhla. Hal ini dalam upaya peningkatan operasi keamanan, sekaligus memerangi kejahatan transnasional antara dua negara tetangga tersebut.

Nota kesepakatan terkait diteken pada pertemuan Komisi Perbatasan Thai-Malaysia yang ke-54 di Bangkok pada Kamis, 15 Maret 2018.

Selain masalah keamanan, pertemuan Thailand dan Malaysia juga membahas tentang isu kewarganegaraan ganda pada warga di kedua negara.

Dalam pertemuan itu, pimpinan Departemen Pertahanan Kerajaan Thailand, Prawit Wongsuwon, berbicara hampir seharian penuh dengan delegasi Malaysia yang dipimpin oleh Menteri Pertahanan Hishammuddin Tun Hussein.

Menteri Wongsuwon mengatakan, pihaknya akan membangun tembok perbatasan sepanjang 11 kilometer di kota Dan Nok dan kota Dan Sadao di bagian paling selatan provinsi Songkhla.

Menurut laporan surat kabar Bangkok Post, tembok perbatasan itu diharapkan dapat menekan lalu lintas peredaran narkoba, senjata ilegal, penyelundupan bahan bakar, dan perdagangan manusia di antara kedua negara.

Adapun sejauh ini, Thailand dan Malaysia berbagi perbatasan sepanjang 640 kilometer yang didominasi oleh batas daratan.

Turut Membahas Isu Kewarganegaraan Ganda

Dalam pertemuan terakhir dengan Malaysia, Menteri Wongsuwon turut mengangkat isu kewarganegaraan ganda pada warga di kedua negara.

Dia mengatakan pihak berwenang masih harus mencari tahu berapa banyak orang yang memiliki kewarganegaraan ganda.

Hal itu diperlukan untuk meningkatkan keamanan dan pengawasan di kawasan selatan Thailand yang bergolak.

Kewarganegaraan ganda sering dianggap sebagai celah hukum, yang memungkinkan para militan melakukan serangan di Selatan.

Menteri Wongsuwon juga mengatakan Thailand siap sedia meningkatkan kerja sama dalam berbagi informasi dengan Malaysia, termasuk untuk mengatasi ancaman teroris di wilayah perbatasan terkait.

Reporter: Happy Ferdian Syah Utomo

Sumber: Liputan6.com


Model Rusia ditahan di Thailand tawarkan rahasia negara agar bisa bebas
Melihat sakralnya upacara Magha Puja di Thailand
Buka kursus bercinta di Thailand, 10 turis Rusia dibekuk
Gurihnya seafood kelas bintang Michelin Somboon Seafood Bangkok
Kesurupan warnai festival mengisi kekuatan tato suci di Thailand

(mdk/ian)