Tes Covid-19 Massal di Wuhan Tak Temukan Kasus Baru, Tapi Ada 300 Orang Tanpa Gejala

Tes Covid-19 Massal di Wuhan Tak Temukan Kasus Baru, Tapi Ada 300 Orang Tanpa Gejala
DUNIA | 3 Juni 2020 09:14 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Kota Wuhan di China, tempat wabah virus corona muncul pertama kali, melakukan tes massal semua penduduk. Dari hasil tes 11 juta penduduk, tak ditemukan kasus baru, tapi ditemukan 300 orang pembawa (carrier) tanpa gejala. Demikian disampaikan pejabat pemerintahan kota tersebut pada Selasa (2/6).

Pemerintah meluncurkan program ambisius, pelaksanaan tes seluruh kota pada 14 Mei, dan menjangkau 9,9 juta orang, setelah klaster kasus baru meningkatkan kekhawatiran infeksi gelombang kedua.

Tapi tak ditemukan kasus Covid-19 baru, penyakit yang disebabkan virus corona, dalam program tes yang dilaksanakan sampai 1 Juni tersebut. Demikian dikutip dari The Straits Times, Rabu (3/6).

Para pejabat mengatakan, pembawa tanpa gejala ini ditemukan tidak menular, di mana tidak ada jejak virus terdeteksi pada barang yang digunakan oleh 300 orang, seperti masker, sikat gigi dan telepon, atau pada pegangan pintu dan tombol lift yang mereka sentuh.

China tidak menghitung pembawa tanpa gejala (asimptomatik) atau orang yang terinfeksi virus tetapi tidak menunjukkan gejala penyakit - sebagai kasus yang dikonfirmasi.

Kota di Provinsi Hubei ini dikurung pada 23 Januari sampai 8 April. Wuhan adalah kota paling terdampak di China dengan jumlah kasus kematian 4.634 dan 83.022 kasus infeksi dilaporkan di China daratan.

Anggaran untuk tes massal ini sekitar 900 juta yuan atau sekitar Rp 2,5 triliun. (mdk/pan)

Baca juga:
Begini Cara Wuhan Tes Massal Covid-19 kepada 11 Juta Warga dalam Dua Pekan
Anggota Parlemen China Usul Tiadakan Terjemahan Bahasa Asing dalam Acara Negara
CEK FAKTA: Benarkah China Simpan Virus Corona di Laboratorium Rahasia?
Presiden China Perintahkan Militer Bersiap untuk Perang
Sisi Lain Strategi China Hadapi Pandemi Covid-19, Kamera Pemantau Awasi Gerakan Warga
Tolak Aturan Keamanan dari China, Ribuan Warga Hong Kong Kembali Turun ke Jalan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami