Tiga Mantan Presiden AS akan Jadi Sukarelawan Disuntik Vaksin Covid-19 di Depan Umum

Tiga Mantan Presiden AS akan Jadi Sukarelawan Disuntik Vaksin Covid-19 di Depan Umum
DUNIA | 4 Desember 2020 08:05 Reporter : Iqbal Fadil

Merdeka.com - Mantan Presiden Barack Obama, George W. Bush, dan Bill Clinton secara sukarela akan tampil di depan kamera saat disuntik vaksin Covid-19 untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap keamanan vaksin setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan AS mengizinkannya.

Tiga mantan presiden itu berharap kampanye kesadaran untuk mempromosikan kepercayaan akan keamanan dan keefektifannya akan menjadi pesan yang kuat ketika pejabat kesehatan masyarakat Amerika mencoba meyakinkan publik untuk mengambil vaksin.

Seperti dilansir CNN, Kamis (3/12), Freddy Ford, kepala staf Bush, mengatakan bahwa Presiden ke-43 itu telah menghubungi Dr.Anthony Fauci - direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular dan pakar penyakit menular terkemuka di negara itu - dan Dr. Deborah Birx, koordinator gugus tugas virus corona Gedung Putih, untuk melihat bagaimana dia dapat membantu mempromosikan vaksin.

"Beberapa minggu yang lalu Presiden Bush meminta saya untuk memberi tahu Dr Fauci dan Dr Birx bahwa, ketika waktunya tepat, dia ingin melakukan apa yang dia bisa untuk membantu mendorong sesama warga agar mendapatkan vaksinasi," kata Ford kepada CNN.

"Pertama, vaksin perlu dianggap aman dan diberikan kepada populasi prioritas. Kemudian, Presiden Bush akan mengantre untuknya, dan dengan senang hati akan melakukannya di depan kamera," imbuh Ford.

Sementara itu Sekretaris pers Clinton mengatakan kepada CNN pada hari Rabu bahwa dia juga akan bersedia untuk mengambil vaksin di tempat umum untuk mempromosikannya.

"Presiden Clinton pasti akan mengambil vaksin segera setelah tersedia untuknya, berdasarkan prioritas yang ditentukan oleh pejabat kesehatan masyarakat. Dan dia akan melakukannya di tempat umum jika itu akan membantu mendesak semua orang Amerika untuk melakukan hal yang sama," kata Angel Urena.

Sedangkan Obama, dalam sebuah wawancara dengan pembawa acara SiriusXM Joe Madison yang dijadwalkan tayang Kamis, mengatakan bahwa jika Fauci mengatakan vaksin virus corona aman, dia percaya padanya.

"Orang-orang seperti Anthony Fauci, yang saya kenal, dan saya pernah bekerja dengan, saya percaya sepenuhnya," kata Obama.

"Jadi, jika Anthony Fauci memberi tahu saya bahwa vaksin ini aman, dan dapat memvaksinasi, Anda tahu, mengimunisasi Anda dari tertular Covid, tentu saja, saya akan memakainya," tukas Obama.

"Saya berjanji kepada Anda bahwa jika dibuat untuk orang-orang yang berisiko rendah, saya akan mengambilnya," katanya.

"Saya mungkin akan mengambilnya di TV atau memfilmkannya, agar orang tahu bahwa saya mempercayai ilmu ini, dan yang tidak saya percayai adalah mendapatkan Covid," tambahnya.

CNN telah menghubungi perwakilan mantan Presiden Jimmy Carter untuk mengetahui apakah dia juga bersedia menggunakan vaksin itu di depan umum.

Keluarga Bush memiliki sejarah bersatu dengan presiden lain untuk mempromosikan tujuan utama. Ayah dan ibu Bush, mendiang mantan Presiden George H.W. Bush dan Barbara Bush, melakukan penerbangan komersial pada hari-hari setelah serangan teroris 11 September 2001 untuk meningkatkan kepercayaan publik untuk terbang kembali.

George H.W. Bush dan Clinton bekerja sama dalam penggalangan dana untuk wilayah yang dilanda Badai Katrina pada tahun 2005 dan untuk kegiatan amal lainnya pada tahun-tahun setelah masa kepresidenan mereka.

Baca Selanjutnya: Keraguan Terhadap Vaksin...

Halaman

(mdk/bal)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami