Tim Pencarian Temukan Puing Pesawat Hercules Chile yang Jatuh di Antartika

DUNIA | 12 Desember 2019 12:13 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Pejabat Chile mengatakan pihaknya menemukan puing yang diyakini merupakan puing pesawat Angkatan Udara (AU) yang hilang kontak pada Senin lalu. Puing-puing tersebut ditemukan mengambang 30 kilometer dari titik dimana pesawat Hercules C-130 itu hilang kontak. Pesawat tersebut membawa 38 penumpang dan kru.

Puing tersebut terlihat di atas air di Selat Drake. Pesawat tersebut terbang dari kota di wilayah selatan Chile, Punta Arena ke pangkalan Presidente Eduardo Frei Montalva di Antartika.

"(Puing) itu bisa jadi merupakan bagian dari pecahan spons tangki bahan bakar internal," kata Komandan AU, Eduardo Mosqueira kepada wartawan Rabu kemarin, dilansir dari BBC, Kamis (12/12).

Mosqueira mengatakan pihaknya akan melakukan pengecekan untuk memastikan apakah puing tersebut bagian dari pesawat nahas tersebut.

Pesawat hilang kontak pada pukul 18.13 waktu setempat pada Senin, beberapa jam setelah lepas landas. AU Chile merilis peta jalur pesawat dan jadwal pendaratan pesawat pada pukul 19.17. Misi pencarian melalui jalur laut dan udara dikerahkan segera setelah pesawat hilang kontak.

Argentina, Brasil, Inggris, Uruguay mengirim pesawat untuk membantu proses pencarian, sementara Amerika Serikat dan Israel menyiapkan potret satelit.

1 dari 1 halaman

Data Penumpang

Tiga dari penumpang pesawat merupakan tentara Chile, dua orang warga sipil yang merupakan teknisi dan konstruksi dari perusahaan Inproser yang bekerja di pangkalan militer, satu orang mahasiswa dan sisanya 15 orang merupakan personel AU, demikian keterangan pejabat.

Ignacio Parada merupakan mahasiswa Teknik Kimia Sipil di Universitas Magallanes dan menuju ke pangkalan Antartika untuk program magang. Dosennya menggambarkan sosok pria 24 tahun itu sebagai mahasiswa cemerlang. Dia juga disebut secara khusus tertarik dalam bidang energi terbarukan, hal itu disampaikan Parada saat diwawancara pihak universitas belum lama ini.

Pegawai Inproser Leonel Cabrera dan Jacob Pizarro akan bertugas di pangkalan militer. Sementara tiga tentara dalam pesawat tersebut yaitu Kolonel Christian Astorquiza, Letkol Oscar Saavedra, dan Mayjend Daniel Ortiz.

Dalam pesawat tersebut hanya ada satu perempuan yaitu Claudio Manzo (37), seorang geografer yang bergabung dengan AU pada 2008. Selain itu ada juga dua bersaudara, Luis dan Jeremias Mancilla. Jeremias (27) dipekerjakan AU di sirkuit listrik di pangkalan. Kakaknya, Luis, adalah sersan AU. (mdk/pan)

Baca juga:
Chile Lakukan Misi Pencarian Pesawat Jatuh Bawa 38 Penumpang di Antartika
Pesawat Hercules Chile Hilang Dinyatakan Jatuh karena Kehabisan Bahan Bakar
Pesawat Bawa 38 Penumpang di Chile Hilang Saat Menuju Antartika
Aksi Telanjang Dada di Tengah Protes Kekerasan Terhadap Wanita Chile
Puluhan Nyawa Melayang dalam Kecelakaan Bus Maut di Chile
5 Peradaban Kuno dan Maju, Namun Hancurnya Misterius

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.