Tolak Seruan Najib Razak Dukung Anwar Ibrahim, UMNO Setia Dukung PM Muhyiddin

Tolak Seruan Najib Razak Dukung Anwar Ibrahim, UMNO Setia Dukung PM Muhyiddin
DUNIA | 27 Oktober 2020 13:03 Reporter : Iqbal Fadil

Merdeka.com - UMNO, partai terbesar dalam koalisi Perikatan Nasional yang berkuasa di Malaysia menyatakan dukungannya kepada Perdana Menteri Muhyiddin Yassin, memberikan beberapa kelonggaran bagi perdana menteri yang telah menghadapi seruan untuk mengundurkan diri setelah tawaran yang gagal untuk memberlakukan keadaan darurat.

Muhyiddin, yang memiliki mayoritas tipis di parlemen, berada di bawah tekanan dari mitra koalisi yang tidak bahagia yang menuntut posisi yang lebih kuat di tengah kebangkitan kasus virus korona dan ekonomi yang dilanda pandemi.

Seruan agar dia mengundurkan diri muncul setelah raja pada hari Minggu menolak permintaan untuk mengumumkan pemerintahan darurat di tengah tantangan kepemimpinan. Kritikus menuduh Muhyiddin menggunakan pandemi sebagai dalih untuk menangguhkan parlemen dan menghindari tes mayoritas di parlemen.

Dikutip dari Reuters, Rabu (27/10), Partai Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO), yang pada awal bulan ini mengancam akan menarik dukungan untuk Muhyiddin, mengatakan akan mendukungnya karena sudah waktunya rekonsiliasi nasional antar partai politik untuk memastikan stabilitas politik dan untuk memfokuskan upaya pengelolaan pandemi.

UMNO juga mengatakan tidak akan bekerja dengan partai pemimpin oposisi Anwar Ibrahim, menolak proposal oleh mantan perdana menteri Malaysia dan anggota parlemen partai yang sekarang berkuasa, Najib Razak. Najib sebelumnya disebut meminta anggota parlemen dari UMNO untuk mendukung Anwar Ibrahim menggulingkan PM Muhyiddin.

Bulan lalu, Anwar menyatakan bahwa dia telah mendapatkan dukungan mayoritas dari anggota parlemen federal untuk membentuk pemerintahan baru, yang memicu krisis politik.

Dalam pertemuan Senin dari mantan koalisi Barisan Nasional yang berkuasa yang dipimpin oleh UMNO, Najib meminta anggota parlemen di aliansi untuk mendukung Anwar, kata tiga sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Dukungan Najib terhadap Anwar menandai perubahan haluan yang mencolok dalam hubungan mereka. Anwar adalah salah satu pemimpin kunci dalam koalisi yang mengalahkan Najib dalam pemilihan bersejarah tahun 2018.

Muhyiddin telah mempertahankan aliansi yang lemah dengan UMNO, yang dukungannya merupakan kunci dalam upayanya untuk mengamankan jabatan perdana menteri pada Maret setelah perselisihan politik yang menyebabkan runtuhnya pemerintahan yang dipimpin oleh politisi veteran Mahathir Mohamad.

Para pemimpin di UMNO, yang telah memimpin negara itu selama lebih dari 60 tahun hingga kekalahannya dalam pemilu 2018, telah menolak keras memainkan peran kedua di partai Muhyiddin. Beberapa pemimpin UMNO yang tercemar korupsi, termasuk Najib, telah mencoba menghidupkan kembali kekuatan politik mereka. (mdk/bal)

Baca juga:
Biasanya Kaya Raya, Tapi Sultan Ini Justru 'Termiskin di Dunia'
Menilik Kisah Anak Angkat Tinggal di Halte, Merasa Tidak Pantas Dapat Rumah Warisan
Cegah Corona, Polisi Malaysia Dibekali Helm Pintar
WHO Puji Penanganan Covid-19 Malaysia
Polisi Malaysia Periksa Anwar Ibrahim Terkait Klaim Dukungan Jadi Perdana Menteri
Bertemu Raja Malaysia, Anwar Ibrahim Serahkan Klaim Dukungan Mayoritas Parlemen

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami